Dr Nurdin : Harus Ada Terobosan Model Baru Dalam Budidaya Nilam di Aceh Jaya

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin SSos MSi meninjau lokasi Sentral Industri Kecil Menengah (SIKIM) Nilam Aceh Jaya di kecamatan Panga, Sabtu (15/10/2022). ANTARAN - AL-FARABY
Bagikan:

“Alhamdulillah hari ini SIKIM nilam telah menghasilkan produk produk yang bisa di gunakan oleh masyarakat yang bahan bakunya dari nilam,” ucap Dr Nurdin.

Jurnalis : Al-Faraby

ANTARANNEWS.COM|CALANG – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin SSos MSi meninjau lokasi Sentral Industri Kecil Menengah (SIKIM) Nilam Aceh Jaya di kecamatan Panga, Sabtu (15/10/2022).

Kunjungan lanjutan ini dalam rangka melihat sumber daya ekonomi yang bisa dipacu guna mempercepat pemulihan perekonomian kabupaten Aceh Jaya dan sekaligus mengatasi inflasi.

Dalam kunjungan ini, Pj Bupati Aceh Jaya di dampingi Istri yang juga Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Aceh Jaya, Ny Zuraidiati, kepala Dinas Parekrafpora Aceh Jaya Juanda, S.Pd.I, M.Pd dan kepala SKPK kabupaten Aceh Jaya lainnya.

Baca Juga:  Pertanyakan Lahan Untuk Mantan Kombatan, KPA Wilayah Blangpidie Datangi DPRK Abdya

Di sela kunjungan ini, Dr Nurdin mengatakan, kabupaten Aceh Jaya sudah mempunyai sentral industri kecil untuk nilam dan dalam hal ini patut berterima kasih kepada Menteri Perindustrian Republik Indonesia yang sudah memberikan alokasi pembangunan SIKIM nilam di Kabupaten Aceh Jaya.

“Termasuk juga kepada rekan rekan Atsiri Research Center (ARC) USK yang telah mendampingi proses pengembangan SIKIM nilam ini. Alhamdulillah hari ini SIKIM nilam telah menghasilkan produk produk yang bisa di gunakan oleh masyarakat yang bahan bakunya dari nilam,” ucap Dr Nurdin.

Baca Juga:  BPBD Agara Dituding Sewakan Mobil Trado Dinas

Ketika berbicara di hilir, Pj Bupati Aceh Jaya menuturkan, masalah yang kita hadapi adalah kontinuitas produksi. Menyediakan bahan bakunya dalam jumlah yang cukup dan kontinu sepanjang tahun. Ini adalah tantangan kita ketika membicarakan industri minyak nilam.

Di hulu kita harus menemukan terobosan model budidaya nilam yang bisa ditanam sepanjang tahun. Terkait hal ini kita akan berkerjasama dengan pihak Atsiri Research Center (ARC) USK bagaimana model budidaya nilam yang tanpa mengenal musim. Nantinya akan kita akan uji coba dalam rentang waktu November dan Desember tahun ini.

Baca Juga:  Harga TBS di Abdya Mulai Naik, Saat Ini Rp 1.250/Kg

Disisi lain kata Dr, Nurdin perlu juga upaya untuk meningkatkan kualitas produk nilam serta mendidik pelaku usahanya. Kepala Atsiri Research Center Universitas Syiah Kuala Dr Syaifullah Muhammad, ST, M.Eng mengatakan semangat dari Dr Nurdin menambah spirit bagi pihaknya dalam berupaya mengembangkan industri nilam di aceh Jaya.

“Kita akan berupaya dengan sekuat tenaga dengan potensi yang ada. Kita akan membantu pengembangan industri nilam ini baik di hulu maupu di hilir, kami berharap Kerjasama antara perguruan tinggi dan pemerintah daerah termasuk juga dunia usaha dapat mendongkrak ekonomi masyarakat Aceh Jaya,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.