Dr Nurdin Lakukan Assessment Pasca Banjir di Aceh Jaya

Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin, S.sos, M.Si lakukan assessment pasca banjir di Aceh Jaya di Kecamatan Sampoiniet dan Kecamatan Darul Hikmah Kabupaten setempat Kamis (11/05/2023). ANTARAN / AL-FARABY
Bagikan:

Jurnalis : Al-Faraby

ANTARAN|CALANG – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin, S.sos, M.Si lakukan assessment pasca banjir di Aceh Jaya di Kecamatan Sampoiniet dan Kecamatan Darul Hikmah Kabupaten setempat Kamis (11/05/2023).

Dalam assessment tersebut turut di dampingi Asisten II Setdakab Aceh Jaya, Jonni Sahputra, Kepala Dinas Sosia, Drs Fahmi, Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Fajri dan pihak terkait lainnya.

Disela kegiatan tersebut, Dr Nurdin menyampaikan tujuan dari kunjungan ini untuk memastikan kondisi di lapangan sekaligus melakukan assessment secara cepat terkait penyebab terjadinya banjir di Aceh Jaya.

“Sehingga bisa dilakukan tindakan tindakan darurat sehingga dalam waktu dekat ini banjir dapat di antisipasi apabila hujan kembali menguyur Aceh Jaya. Karena karateristik banjir di Aceh Jaya ini terjadi disebabkan oleh curah hujan yang tinggi,” sambungnya.

Baca Juga:  Gelaran MTQ VIII Subulussalam Dalam Pusaran Persoalan

Dilanjutkannya, Pemkab Aceh Jaya akan melakukan assessment secara cepat, serta apa yang akan dilakukan sebagai langkah – langkah darurat untuk mengantisipasi persoalan banjir ini.

“Dalam jangka pendek kita akan melakukan normalisasi dan mengangkat sendimen – sendimen yang ada di muara sungai serta memperbaiki saluran yang tersumbat sebagai penyebab banjir dan langsung di tindaklanjuti pengerukannya,” ungkapnya.

Kemudian, kata Dr Nurdin, akan disiapkan prosedur tetap dan Standar Operasional Prosedur (SOP) jika terjadi bencana banjir di Aceh Jaya. Sehingga semua pihak akan paham tugas dan fungsinya dan tidak saling menunggu semua akan bergerak cepat sesuai fungsinya dalam rangka penanganan kondisi darurat di Aceh Jaya.

Baca Juga:  Business Matching Bersama Mr Lee Kwang Eui, Dr Nurdin : Ada Kemudahan Berinvestasi di Aceh Jaya 

Karena sungai-sungai di Aceh Jaya juga melintasi beberapa Kabupaten yang secara regulasi mengatur pembagian antara Pemerintah Kabupaten, Propinsi dan Pusat, maka Dr Nurdin berharap kepada Gubenur Aceh untuk melakukan upaya upaya pencegahan berupa pembangunan tanggul, normalisasi terhadap sungai sungai yang melintas beberapa Kabupaten tersebut.

Disamping itu, lanjut Dr Nurdin, Pemkab Aceh Jaya juga akan berkomunikasi dengan Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk dapat membantu Aceh Jaya baik dari sisi kesiap siagaan dan peralatan pelengkapan yang di butuhkan untuk mengamankan personil yang terlibat dalam Penanggulangan bencana dan untuk pemberian bantuan dukungan kedaruratan kepada masyarakat.

Baca Juga:  Momentum Peringatan 18 Tahun Tsunami, Dr Nurdin Ajak Kerja Bersama Untuk Kemajuan Aceh Jaya

“Termasuk juga kesiap siagaan terhadap logistic – logistic kebencanaan dapur umum dan sebagainya terus dibenahi dan disiapkan serta tidak kalah penting penyiapan kesiap siagaan berbasis masyarakat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, banjir di Aceh Jaya terjadi karena luapan sungai akibat curah hujan yang tinggi di hulu. Karena sebagian besar sungai yang ada di Aceh Jaya yang hulunya ada di Tangse dan Ulu Masen.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.