Dr Nurdin Tutup Kegiatan Lomba Pekan Kebudayaan Aceh Jaya Ke I

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin SSos MSi, menutup secara resmi penggelaran kegiatan Lomba Pekan Kebudayaan Aceh Jaya Ke I tahun 2022 yang berlangsung di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMPKB) Aceh Jaya, Jumat (2/12/2022). ANTARAN / AL-FARABY
Bagikan:

“Pelaksanaan kegiatan lomba kebudayaan Aceh Jaya ini terinspirasi bahwa Aceh Jaya mempunyai aneka ragam budaya. Dan Aceh Jaya merupakan pewaris budaya serta pewaris kerajaan Aceh dulu,” sambung Dr Nurdin.

Jurnalis : Al-Faraby

ANTARANNEWS.COM|CALANG – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin SSos MSi, menutup secara resmi penggelaran kegiatan Lomba Pekan Kebudayaan Aceh Jaya Ke I tahun 2022 yang berlangsung di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMPKB) Aceh Jaya, Jumat (2/12/2022).

Kegiatan tersebut turut dihadiri para Asisten Sekdakab Aceh Jaya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Jaya, unsur Forkopimda Aceh Jaya, para Kepala SKPK dalam lingkup Kabupaten Aceh Jaya, Para Camat dalam Kabupaten Aceh Jaya, Tokoh Adat Aceh Jaya dan pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Nurdin mengatakan, dalam hal ini masyarakat Aceh Jaya Patut berbahagia dan bersyukur setelah sekian lama di impikan. Sebab pekan kebudayaan Aceh Jaya yang pertama sudah terlaksana di Kabupaten Aceh Jaya.

Baca Juga:  Pj Ketua TP PKK: Teruslah Berkreasi dan Jangan Pernah Berhenti Bermimpi

“Pelaksanaan kegiatan lomba kebudayaan Aceh Jaya ini terinspirasi bahwa Aceh Jaya mempunyai aneka ragam budaya. Dan Aceh Jaya merupakan pewaris budaya serta pewaris kerajaan Aceh dulu,” sambung Dr Nurdin.

Ia mengatakan, Aceh Jaya adalah daerah yang sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Oleh karena itu tentu adat dan budaya yang mengikuti kehidupan kerajaan -kerajaan dulu sampai hari ini pasti sangat kaya di Aceh Jaya.

Dr Nurdin menuturkan, pasca kemerdekaan tepatnya sebelum konflik dan tsunami terjadi melanda Aceh. Di Kabupaten Aceh Jaya ada kegiatan berupa piasan piasan raya.

“Piasan Raya yang sudah lama terhenti tersebut. Untuk saat ini akan kita hidupkan kembali kegiatan piasan raya tersebut. hal ini untuk menjaga tradisi budaya yang ada di Aceh Jaya. Bagaimana kita mencapai kejayaan seperti masa lalu terutama dalam bidang budaya,” ujarnya.

Baca Juga:  Merajut Kemitraan, PT PLB Komit Bangun Bisnis Berkelanjutan

Oleh karena itu, Dr Nurdin meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Jaya dan juga kepada Kepala Dinas Parekrafpora Aceh Jaya untuk secara terus menerus melakukan upaya pembinaan kebudayaan, pembinaan adat istiadat di Aceh Jaya.

Harapnya, piasan – piasan Gampong yang ada di Aceh Jaya harus di hidupkan kembali. Agar masyarakat Aceh Jaya bersemangat kembali untuk melestarikan adat dan budaya yang ada. “Tentu hal ini tidak mudah banyak hal yang harus dilakukan pembinaan,” paparnya.

Terkait hal ini, Dr Nurdin juga menyampaikan, hampir semua sisi harus dibenahi, seperti halnya sisi sarana dan prasarana serta sisi instrukturnya. Karena yang nama budaya, adat dan budaya hal yang turun temurun dalam masyarakat. Kalau hal ini tidak didorong terus berkembang didalam masyarakat lama kelamaan akan menghilang.

Baca Juga:  11 Peminat Calon Pansel Panwaslih Agara Ikuti Seleksi

Jelasnya, Selain itu hal yang penting adalah menumbuhkan semangat untuk terus mengembangkan budaya, adat-istiadat. Hal ini merupakan pekerjaan yang harus ditumbuhkan dengan proses pembinaannya.

“Berikutnya adat dan budaya ini harus produktif. Oleh karena itu kita terus menggelora seni dan adat-istiadat tetapi juga disisi yang lain mendorong adanya event Event wisata. Sehingga seniman seniman bisa tampil secara terus menerus. hal ini juga sebagai sesuatu daya tarik di Aceh Jaya,” lanjutanya.

“Untuk mengwujudkan hal ini tentu tidak saja membicarakan budaya namun harus terintegrasi dengan berbagai elemen elemen yang lain di Kabupaten Aceh Jaya. Tentunya dengan kerja bersama dan berkolaborasi, ” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.