Dukung Ketahanan Pangan, Pemdes Paya Dapur Salurkan Pupuk Untuk Warga

Penyaluran pupuk dan racun hama untuk petani. ANTARAN / foto istimewa
Bagikan:

“Telah di anggarkan kegiatan ketahanan pangan kepada seluruh rumah tangga di Gampong Paya Dapur dengan jumlah 425 rumah tangga yang ada di gampong Paya Dapur,” kata Ridhauddin.

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARAN|TAPAKTUAN – Dukung program ketahanan pangan, Pemerintah Gampong Paya Dapur, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan salurkan kebutuhan warga petani, berupa pupuk, racun tikus dan racun hama pertanian lainnya kepada warga setempat, di halaman kantor Keuchik Gampong Paya Dapur, Selasa (22/08/2023).

Baca Juga:  235 PRK Bener Meriah Ikuti Sosialisasi KAKPS

Keuchik gampong Paya Dapur, Muzlia melalui Bendahara Gampong, Ridhauddin menyampaikan, pembiayaan bahan pertanian tersebut bersumber dari dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 20 persen pagu Dana Desa tahun anggaran 2023.

“Sesuai dengan Permendes Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2023 dan Peraturan menteri Keuangan nomor 201/PMK.07/2022 tentang pengelolaan Dana Desa berbunyi program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20 persen,” sebut Ridhauddin.

Baca Juga:  Bisnis Jual Air Tebu, Pedagang Takjil di Blangpidie Raup Cuan Ratusan Ribu Rupiah Perhari

Disebutkannya, program tersebut juga sesuai hasil musyawarah gampong yang dituangkan dalam Qanun Gampong Paya Dapur Nomor 1 Tahun 2023 tentang Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) tahun anggaran 2023.

“Telah di anggarkan kegiatan ketahanan pangan yaitu berupa pemberian pupuk pertanian, racun tikus dan racun hama pertanian kepada seluruh rumah tangga di Gampong Paya Dapur dengan jumlah 425 rumah tangga yang ada di gampong Paya Dapur,” kata Ridhauddin.

Baca Juga:  Pemanfaatan Lahan Mantan Kombatan di Nagan Raya, Walhi Aceh Tuding tak Sesuai Tujuan Pemberian Hak

Program ini, sambung Ridhauddin, saat ini warga Gampong Paya Dapur bertepatan musim turun ke sawah dan ini merupakan bentuk motivasi Pemerintah Gampong Paya Dapur untuk mendorong warga petani dan pekebun dalam mewujudkan ketahanan pangan.

“Dan sebagai bentuk untuk meningkatkan ekonomi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat gampong dalam bidang pertanian dan perkebunan. Karena mayoritas masyarakat kita disini bekerja sebagai petani dan pekebun,” demikian pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.