Dukung Penerapan SIGAP, Pj Bupati Abdya : Aparatur Gampong Pelaku Utama Pembangunan Daerah

SIGAP: Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM membuka kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat dan aparatur gampong tentang literasi dan pemanfaatan sosial media untuk penerapan Sigap di aula Bappeda setempat, Kamis (24/11/2022). ANTARANNEWS.COM/AGUS
Bagikan:

“Perlu kita pahami bersama bahwa, agenda pembaharuan dan kemandirian gampong sudah menjadi prioritas dalam pembangunan daerah. Peranan pemerintah gampong menjadi sangat penting bagi perbaikan pelayanan terhadap masyarakat gampong,” ujarnya.

Jurnalis : Agus

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE-Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah SPd MM, membuka pelaksanaan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat dan aparatur gampong tentang literasi dan pemanfaatan sosial media untuk penerapan Sistem Informasi Gampong (Sigap) di Aula Bapedda Kabupaten setempat, Kamis (24/11/2022).

Pj Bupati Darmansah mengatakan, dengan adanya kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat dan aparatur gampong ini nantinya dapat diperoleh output yang mampu meningkatkan peran dan fungsi dari masing-masing aparatur dan masyarakat gampong dalam percepatan pembangunan daerah, khususnya dalam bidang percepatan informasi yang ada di gampong dengan memanfaatkan media sosial.

Baca Juga:  Jumat 24 Juni 2022, Harga Sawit Tertekan Lagi

“Perlu kita pahami bersama bahwa, agenda pembaharuan dan kemandirian gampong sudah menjadi prioritas dalam pembangunan daerah. Peranan pemerintah gampong menjadi sangat penting bagi perbaikan pelayanan terhadap masyarakat gampong,” ujarnya.

Disebutkannya, Abdya memiliki 152 gampong dari 9 Kecamatan yang ada. Dari jumlah tersebut tentu memiliki tingkatan sumber daya manusia (SDM) aparatur yang berbeda antara satu gampong dengan gampong yang lainnya.

Kemudian, lanjut Pj Bupati Darmansah, ada beberapa gampong yang dipimpin oleh pejabat baru, dan masih banyak lagi kelemahan lainnya dalam melaksanakan tugasnya sebagai Keuchik.

Baca Juga:  Mantan Keuchik di Abdya Hilang Saat Memancing di Laut

“Atas dasar hal itu, melalui kegiatan pelatihan itu sangat diharapkan kepada para peserta pelatihan yang mewakili seluruh gampong untuk dapat mengikuti kegiatan tersebut secara fokus dan sungguh-sungguh. Sehingga tujuan dari pelaksanaan kegiatan dapat tercapai, dan Abdya nantinya mampu menjalankan Sigap dengan baik, agar keterbukaan informasi dari setiap gampong dapat diwujudkan,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Darmansah, aparatur gampong menjadi pelaku utama dalam pembangunan dan kemajuan suatu daerah, sedangkan Kecamatan dan Kabupaten hanya menjadi pendorong fasilitasi kemandirian gampong.

Baca Juga:  Kebakaran Seluas 1 Hektar di Aceh Selatan Berhasil Dipadamkan

“Wujud dari majunya suatu daerah itu semua berawal dari tingkat pemerintah paling kecil, yaitu pemerintahan gampong. Kepada para peserta kami ingatkan untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan mengaplikasikannya dalam desa masing-masing,” imbuhnya dihadapan seluruh camat dan keuchik dalam Kabupaten Abdya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.