Durian Bantal Emas Diusulkan Jadi Varietas Unggul Nasional, Pj Bupati Langsung Turun Lakukan Observasi Awal

Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin bersama Kepala UPTD BPSBTPH DIsbun Aceh, Habiburrahman memperlihatkan durian Bantal Emas, Senin (26/07/2022). ANTARAN / SUPRIJAL YUSUF
Bagikan:

“Pantasan durian ini menjadi juara, luar biasa rasanya. Boleh saya katakan, durian impor saja kalah dengan durian Bantal Emas ini,” puji Pj Bupati, Dr Nurdin.

Jurnalis : Suprijal Yusuf

ANTARANNEWS.COM|CALANG – Durian Bantal Emas varietas lokal Aceh Jaya yang berhasil memenangkan kontes Nasional Youtuber Lovers Durian pada 18 Juli 2022 lalu, kini diusulkan menjadi vareitas unggul nasional.

Terkait rencana tersebut, Pj Bupati Aceh Dr Nurdin SSos MSi langsung melakukan observasi awal dengan menurunkan tim Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) BPSBTPHP Dinas Perkebunan (Disbun) Aceh, Senin (26/07/2022).

Dalam tim tersebut terdiri dari, Kepala Dinas Pertanian Aceh Jaya, T Reza Fahlevi, Kepala UPT BPSBTPH Disbun Aceh, Habiburrahman STP MSc, Pemulia Ir Amrullah, Kabid TPH Distan Aceh Jaya, Fadlon, dan para Kasie dan Pengawas Benih Tanaman sebagai selaku Pembina penangkar benih.

Tim observasi ini, langsung dipimpin Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin yang turun langsung ke lokasi perkebunan pohon durian Bantal Emas di kawasan Pengunungan Kuali, Regaih, Setia Bakti, menggunakan tujuh sepedamotor trail.

Karena lokasi perkebunan durian tersebut yang berada sekitar 5 kilometer dari Jalan Nasional Banda Aceh – Meulaboh harus melewati medan yang sulit dan terjal. Untuk menjangkau lokasi perkebunan maka terpaksa menggunakan kendaraan sepmor jenis trail.

Baca Juga:  Pastikan Kesiapan Pemilu 2024, Camat Labar Awali Tugas Sambangi Panwascam

Setelah menempuh perjalanan sekitar 40 menit, rombongan berjumlah 12 personil itu, tiba di lokasi kebun yang ditanami pohon durian Bantal Emas miliki Adi (45) warga setempat.

Pj Bupati dan rombongan langsung disuguhi durian Bantal Emas yang rasanya cukup khas, manis dan legit, dengan warna dagingnya kuning keemasan.

“Pantasan durian ini menjadi juara, luar biasa rasanya. Boleh saya katakan, durian impor saja kalah dengan durian Bantal Emas ini,” puji Pj Bupati, Dr Nurdin.

Langsung saja, Pj Bupati mengintruksikan kepada Kadis Petanian T Reza Fahlevi untuk memperbanyak bibit durian Bantal Emas dengan cara okulasi.

“Saya minta dipersiapkan sebanyak 10.000 batang bibit durian Bantal Emas ini. Untuk kita bagikan kepada masyarakat supaya ditanam di perkarakangan masjid, meunasah, dan pesantren. Termasuk areal kebun milik gampong,” ujar Pj Bupati.

Karena pohon durian Bantal Emas ini, lanjutnya, berdasarkan keterangan pemilik kebun, untuk jenis pohon durian jenis tersebut hanya ada satu batang dan telah berusia sekitar 31 tahun.

“Durian ini harus kita selamatkan. Untuk menyelamatkannya harus diperbanyak bibit guna ditanam di seluruh Aceh Jaya. Kalau ini berhasil, enam tahun kedepan Aceh Jaya sudah menjadi daerah penghasil durian Bantal Emas yang berkualitas ekspor,” ujar Pj Bupati Aceh Jaya.

Baca Juga:  AIJP2 Lakukan Audiensi Kehormatan ke Mahkamah Syar’iyah Jantho

Menurut Dr Nurdin, selain menjadi penghasil sawit, Aceh Jaya juga harus tumbuh menjadi sentral produksi durian berkualitas ekspor yang berbasis kerakyatan.

“Kalau durian semacam ini sudah dibudidayakan masal oleh masyarakat. Maka nantinya kita bisa menumbuhkan industri pengolahan durian seperti, eskrim, dodol, pancake durian dan banyak jenis makanan lainnya yang diolah dari bahan baku dasar durian,” katanya.

Untuk menumbuhkan industri durian ini, lanjut Pj Bupati, bisa dilakukan secara home industri dengan mendidik para anak-anak muda dan ibu rumah tangga menjadi pengrajin pembuatan makanan dari durian.

“Saya ingin industri kerakyatan bisa tumbuh disini. Kalau terkendala modal kita akan cari skema pemodalannya, bisa menjadi lewat bapak angkat atau perbankan.

Itu saya kira tidak sulit yang penting bahan baku tersedia. Artinya durian jenis ini akan kita kembangkan mulai sekarang secara besar-besaran,” katanya.

Durian Bantal Emas ini, lanjut Nurdin, bisa juga menarik wisatawan untuk datang ke Aceh Jaya. Terutama bagi penikmat dan pecinta durian.

“Bagi hobi makan durian, mereka memiliki kenikmatan sendiri makan durian di pohon yang jatuh langsung. Paket wisata durian juga bisa kita pasarkan. Insya Allah, kalau ini semua kita serius menggarapnya, Aceh Jaya akan maju dan terkenal lewat durian bantal,” kata Bupati.

Baca Juga:  Ketua Panwaslih Aceh Selatan : ASN Harus Bersikap Netral Pada Pemilu 2024

Kalau ini yang terjadi, maka untuk membuat Aceh Jaya menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia tidak akan sulit. Karena selain memiliki panorama yang indah juga ada durian Bantal Emas akan menjadi ikon daya tarik lainnya.

Sementara, Kepala UPTD BPSBTPHP Distanbun Aceh, Habiburrahman STP MSc menyatakan, bahwa tujuan dilaksanakan identifikasi dan observasi pertama ini untuk mengetahui kelayakan durian lokal dari Aceh Jaya ini.

“Untuk kita ekplorasi agar bisa menjadi varietas unggul nasional yang diharapkan ke depan bisa diperbanyak benih durian tersebut dengan sertifikasi secara legal,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, hasil Identifikasi dan observasi awal ini dalam beberapa minggu ke depan akan di dapatkan deskripsi varietas durian lokal tersebut untuk di daftarkan kepemilikannya oleh Pemkab Aceh Jaya.

“Pendataran ini harus diajukan langsung oleh Pj Bupati Aceh Jaya ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan (PPVTP) Kementan RI.

Sehingga memiliki legalitas dalam memperbanyak durian spesifik Aceh Jaya tersebut. Pada akhirnya, Aceh Jaya berpeluang menjadi pusat pembenihan durian Bantal Emas,” tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.