Duta Wisata Agam Inong Aceh Selatan 2023 Dinobatkan

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan Muchsin, ST memberi ucapan selamat kepada duta wisata pada malam penobatan. ANTARAN/Foto Ist.
Bagikan:

“Berdasarkan keputusan dewan juru, Teguh Darmawan dan Geubrina Zikra Barizki dinobatkan sebagai Duta Wisata Agam Inong Aceh Selatan 2023,” ujar Muchsin ST. 

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Sebanyak 12 Calon Duta Wisata Agam Inong Aceh Selatan Tahun 2023 bertarung habis-habisan di ajang finalis untuk merebut juara di Aula Dinas Pariwisata, Tapaktuan, Sabtu (3/6/2023) tadi malam.

Informasi dihimpun, pada kegiatan puncak penentuan pemenang, Dinas Pariwisata Aceh Selatan menggandeng kerjasama dengan Alumni Duta Wisata setempat. Kelangsungan pemilihan Duta Wisata Agam Inong diliputi debaran jantung, karena ke 12 finalis memiliki keunggulan masing-masing.

Kejutan detik-detik yang nantikan turut disaksikan dan dihadiri unsur Forkopimda, Kepala SKPK, Sponsor dan tamu undangan berkompeten.

Penampilan dan rangkaian perlombaan finalis dinilai secara selektif, transparan dan jujur oleh dewan juri yang berasal dari Politeknik Aceh Selatan (Poltas), Majelis Adat Aceh Selatan, Alumni Duta Wisata dan pihak Dinas Pariwisata Aceh Selatan.

Baca Juga:  Warga Geruduk Kantor, Keuchik di Aceh Selatan Ini Diminta Mundur

“Berdasarkan keputusan dewan juru, Teguh Darmawan dan Geubrina Zikra Barizki dinobatkan sebagai Duta Wisata Agam Inong Aceh Selatan 2023. Harapan kita, putra-putri terbaik ini bisa meraih prestasi ke jenjang provinsi dan nasional,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Muchsin ST.

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata, Muchsin mengatakan, kabupaten berjuluk kota Naga yang kita cintai ini memiliki keanekaragaman daya tarik wisata menjanjikan untuk dikembangkan secara menyeluruh dan terpadu.

“Keindahan alam dan pesona panorama ini menjadi magnet atau daya tarik tersendiri dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aceh Selatan. Kita upayakan, daerah ini menjadi lumbung kehadiran wisatawan,” urai Muchsin.

Baca Juga:  Golkar Masih Mendominasi Agara

Menurut Muchsin, di era teknologi canggih, perkembangan dan ketenaran informasi tentang objek wisata sangat cepat menyebar luas ke ruang publik. Potensi yang dimiliki daerah harus dibarengi sumber daya manusia (SDM) salah satunya Duta Wisata Agam Inong.

“Peranan sumberdaya manusia berkompeten sangat dibutuhkan agar dapat menciptakan nuansa tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah kita. Selain itu, kita juga butuh anggaran untuk menggerak dan mengembangkan potensi yang ada,” ujarnya.

Apa yang diselenggarakan malam ini, lanjut Muchsin, merupakan strategi matang dan berkelanjutan. Aceh Selatan melakukan langkah-langkah persiapan dan pembinaan bagi sumberdaya manusia pelaku wisata. Agam Inong Duta Wisata Aceh Selatan memiliki peran dan tanggungjawab untuk memajukan pariwisata dan seni budaya.

“Berbicara Pariwisata bukan hanya tentang bagaimana mendatangkan wisatawan, tetapi menyeluruh tentang kemampuan menciptakan citra dan memperkenalkan karya kreatif daerah, termasuk kuliner,” tegas Muchsin.

Baca Juga:  Jelang Tahapan Kampanye Pilkada, Polres Aceh Singkil Gelar Razia

Disebutkan, ajang pemilihan Agam dan Inong Duta wisata bukan sekedar penampilan keindahan fisik, kecantikan dan ketampanan serta senyuman semata, namun diharapkan memiliki kecerdasan, jiwa sosial, serta wawasan tentang kepariwisataan dan kebudayaan.

Ia juga berharap sosok Agam inong Duta Wisata terpilih hendaknya menjadi tauladan dan panutan ditengah-tengah masyarakat, khususnya bagi generasi muda. Baik dalam bertindak, berbuat, bertingkah laku maupun bertutur kata.

“Tugas telah menanti agam inong terpilih, untuk aktif dalam mempromosikan objek wisata daerah. Potensi-potensi destinasi wisata yang selama ini belum terlalu dikenal, segeralah berbenah,” himbaunya.

Acara puncak pemilihan duta wisata dimeriahkan dengan menampilkan Sanggar Seni Bungong Rampo dari SMA Negri Meukek dan Sanggar Seni Putra Naga Sawang.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.