Empat Unit Ruman di Dayah Puskiyai Aceh Ludes Terbakar

Petugas Damkar BPBK Abdya sedang melakukan pemadaman api yang membakar 4 unit rumah semi permanen di Dayah Manyang Puskiyai Aceh, Dusun Alue Trienggadeng, Desa Kaye Aceh, Kecamatan Lembah Sabil, Abdya, Sabtu (6/8) dini hari sekira pukul 01.00 WIB. ANTARAN / RIZAL
Bagikan:

Jurnalis : Rizal 

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE – Sebanyak empat unit rumah semi permanen di Komplek Pondok Pesantren (Dayah) Manyang Puskiyai Aceh kawasan Dusun Alue Trienggadeng, Gampong Kaye Aceh, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) ludes terbakar, Sabtu (06/08/2022) sekira pukul 01.00 WIB.

Rumah mini tempat para jamaah yang tengah mengikuti pengajian program Arbain selama delapan hari delapan malam itu, hangus terbakar hingga rata dengan tanah.

Warga setempat yang mendapat informasi tentang peristiwa kebakaran itu, langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya.

Baca Juga:  Dipenghujung Jabatan, PWI Aceh Selatan Audensi Dengan Bupati di Hall Pendopo

Dengan seketika, satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang berada di Pos Pembantu wilayah Manggeng, langsung bergerak cepat ke tempat lokasi terjadinya kebakaran tersebut.

Pimpinan Dayah Manyang Puskiyai Aceh, Tgk H Farmadi ZA MSc bersama para jamaah turut berjibaku dengan warga untuk memadamkan api yang terus berkobar.

Dengan datangnya satu unit lagi Damkar dari Pos Induk Blangpidie, api baru berhasil dilumpuhkan sekira pukul 02.15 WIB.

“Kita tidak tahu dari mana sumber api itu datang. Tiba-tiba saja sudah membesar hingga membuat empat unit rumah yang ditempati para jamaah yang usianya rata-rata 50 tahun keatas ludes terbakar,” kata Abu Farmadi di lokasi kejadian.

Baca Juga:  Abdya Dapatkan Bantuan Internet Gratis dari BAKTI Kominfo RI

Setelah api berhasil dipadamkan, Abu Dayah Manyang mengucapkan banyak terimakasih kepada Tim Pemadam beserta warga yang telah sama-sama membantu memadamkan api.

“Beruntung Dayah kita ini posisinya dekat dengan bantaran sungai Krueng Baru, jadi sangat mudah mendapatkan sumber air dan api dengan cepat dipadamkan hingga tidak merambah ke bangunan lain,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala BPBK Abdya Armayadi ST yang tiba di lokasi tersebut sudah memerintahkan bawahannya untuk melakukan pendataan agar bisa segera dikoordinasikan dengan Dinas Sosial setempat.

Baca Juga:  Rajut Ukhuwah, Masyarakat Durian Rampak Kumandangkan Takbir Idul Fitri 1444 H

“Setelah kita lapor ke pimpinan, kita juga akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk penangan secara darurat dan bantuan masa panik,” singkatnya.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun api telah membuat bangunan serta barang-barang milik jamaah hangus terbakar dan tidak dapat terselamatkan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.