Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala Gelar Lomba Berhitung Cepat

Kegiatan itu digelar Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Selatan menggelar yang bertempat di Gedung Rumoh Agam Tapaktuan, Minggu (06/08/2023). Foto Ist
Bagikan:

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dedikasi serta peran aktif himpunan mahasiswa sipil Universitas Syiah Kuala dalam mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARAN|TAPAKTUAN – Sebanyak 700 peserta dari sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Aceh Selatan, mulai ditingkat Sekolah Dasar (SD) dari kelas 1 hingga kelas 6, tingkatan SMP dan SMA serta Umum, mengikuti Lomba Berhitung “LBFT ke-29 Tahun 2023.

Kegiatan itu digelar Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Selatan menggelar yang bertempat di Gedung Rumoh Agam Tapaktuan, Minggu (06/08/2023).

Baca Juga:  Lakukan Patroli Malam di Bulan Ramdhan, Polisi di Aceh Selatan Amankan 5 Unit Sepmor

Setiap peserta diajukan sejumlah pertanyaan matematika secara tertulis sesuai kategori masing-masing dan harus dijawab dalam waktu singkat, karena dalam perlombaan tersebut dinilai ketepatan dalam menjawab soal dengan waktu 5 menit.

Perlombaan yang diadakan dalam satu hari ini juga disediakan hadiah oleh panitia untuk peserta yang menang menurut kategori masing-masing yakni, SD A (kelas 1-2), SD B (kelas 3-4), SD C (kelas 5-6), SMP Sederajat, SMA Sederajat, dan umum.

Kegiatan lomba berhitung cepat langsung dibuka oleh Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, yang diwakili oleh Staf Ahli Setdakab H.Yuhelmi SH, MH dan turut dihadiri oleh Kabid Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan, Perwakilan Ketua Ikatan Alumni Teknik Sipil Unsyiah (IKATSI) Muhammad Fadhil ST.

Baca Juga:  Jalan Nasional dan Puluhan Rumah Tergenang Banjir

Staf Ahli Setdakab Aceh Selatan H. Yuhelmi SH, MH dalam sambutannya mengatakan, lomba berhitung Fakultas Teknik yang lebih dikenal dengan LBFT merupakan kegiatan positif yang selama bertahun-tahun telah mengambil peran penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia di Aceh, khususnya Aceh Selatan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dedikasi serta peran aktif himpunan mahasiswa sipil Universitas Syiah Kuala dalam mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Baca Juga:  Selama Masa Kampanye Pemilu 2024, Aceh Selatan Kosong Rapat Umum Terbuka

Menurutnya, sebagai agenda rutin, pelaksanaan LBFT, telah memberikan motivasi serta mendorong tumbuhnya minat untuk mengasah kemampuan berhitung para siswa dan siswi.

“Melalui kegiatan ini, bukan saja dapat melahirkan generasi emas berhitung cepat, namun juga dapat menjadikan indikator kemampuan siswa dan siswi dalam kemampuan berhitung,” demikian sebutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Ayatullah Adifa mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, untuk mencari para pemenang juara 1-3 menurut kategori masing-masing.

“Para peserta yang menang akan kita bawa nantinya ke Banda Aceh untuk mengikuti grand final yang diikuti tiap-tiap Kabupaten/Kota,” pungkas Ayatullah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.