Fenomenal, Dapil Tapaktuan-Samadua Diprediksikan 4 Srikandi Raih Kursi DPRK Aceh Selatan

Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP bersama Kapolres AKBP Mughi Prasetyo Habrianto, Sik berdialog dengan petugas KPPS saat meninjau pelaksanaan Pemilu, Rabu (14/2/2024). ANTARAN/Istimewa.
Bagikan:

“Sampai sore ini, diprediksikan empat srikandi raih kursi DPRK Aceh Selatan di Dapil Tapaktuan-Samadua. Namun hasil akhir kita tunggu penetapan KIP,” kata Widia.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN l TAPAKTUAN-Pemungutan dan perhitungan suara Pemilu legislatif untuk periode 2024-2029 selesai sudah, masing-masing Partai Politik (Parpol) dan Calon Legislatif (Caleg) sudah mengantongi perolehan suara sementara melalui C-1 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berlangsung, Rabu, 14 Februari 2024.

Informasi berkembang dan gembar gembor di tengah-tengah warga di pusat ibu kota Kabupaten Aceh Selatan, Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh Selatan satu (Tapaktuan-Samadua) di prediksikan empat srikandi berhasil meraih kursi DPRK setempat, karena perolehan suara sangat signifikan dibandingkan kandidat lain.

Baca Juga:  Diduga Pajak Tidak Setor, Inspektorat  Simeulue Audit Dana Desa Lafakha Dan Susun LHP

Kami mendapat isu, empat orang Caleg perempuan dari lima kursi yang diperebutkan di Dapil Aceh Selatan satu bakal menduduki kursi DPRK. Hanya satu kandidat pria di sebut-sebut mendulang suara tertinggi dan masuk dalam peringkat lima, papar Widia, Kamis (15/2/2024) sore.

“Ini sangat fenomenal dan patut diapresiasi, Tapaktuan-Samadua menunjukan tingkat emansipasi wanita sangat tinggi. Perhatian dan keterwakilan femininitas (gender) menjadi terdepan. Mudah-mudahan apa yang diprediksikan itu menjadi kenyataan,” tandas Widia.

Sementara itu, suara-suara warga mulai bergelayut di warung-warung kopi, disebut-sebut empat srikandi yang berhasil meraih kursi DPRK Aceh Selatan adalah; RM dari Parpol PNA, NR (NasDem), SH (Golkar) dan YN (PPP).

Baca Juga:  Tim Jumat Berkah Abdya Salurkan Bantuan Dari Hamba Allah Untuk Korban Kebakaran

Sedang sosok lelaki yang diduga mengantongi tiket ke gedung legislatif setempat masih simpang siur karena sedang dalam posisi rebutan antar Parpol dan kandidat, ungkap salah seorang sumber yang namanya tidak mau dipublikasi.

Dikatakan Teuku Mudasir, walaupun isu sudah merebak, empat srikandi akan duduk di kursi parlemen Aceh Selatan, namun hasil akhir yang berkekuatan hukum menunggu pleno Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten Aceh Selatan.

“Dugaan yang didasari perolehan suara sementara boleh-boleh saja, tetapi keputusan tetap dan konstitusional adalah hasil pleno KIP,” tegas Teuku Mudasir.

Ilustrasi. Antaran/Istimewa

Pantauan antaran, kerja keras dan kegigihan tanpa mengenal lelah yang ditoreh penyelenggara Pemilu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dibantu pihak keamanan sangat luar biasa.

Baca Juga:  Evaluasi Kinerja SKPK Aceh Selatan Mendapat Dukungan Positif

Penyelenggara Pemilu, Pengawas dan pengamanan  menguras tenaga dan pikiran untuk mensukseskan agenda nasional di Aceh Selatan, baik pemilihan anggota legislatif maupun pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“Saya melihat, penyelenggara Pemilu di semua tingkatan, Panwaslu dan pihak keamanan berpacu dengan waktu, dari pagi Rabu hingga Subuh Kamis terus melaksanakan tugas menyelesaikan pemungutan dan perhitungan suara hingga pleno di tingkat KPPS,” ujar Muhammad Yusuf.

Bukan hanya itu, tambah Muhammad Yusuf, Pj Bupati bersama Forkopimda dan Muspika masing-masing kompak dan berbarengan melakukan pemantauan ke sejumlah titik di Aceh Selatan. Alhamdulillah, kegiatan Pemilu berlangsung sukses, tertib, aman dan lancar. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.