Optimalkan Aset Desa, Gampong Ladang Tuha II Gelar Pelatihan Untuk BUMG

PELATIHAN : Desa Ladang Tuha II Kecamatan Lembah Sabil Abdya memberikan pelatihan kepada BUMG setempat menjadi entrepreneur muda berbasis syariah, Jumat (16/12/2022). ANTARANNEWS.COM/AGUS
Bagikan:

“Tujuan lain dari pelaksanaan pelatihan tersebut untuk mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi gampong, serta mengembangkan rencana kerjasama usaha dengan pihak ketiga, supaya terciptanya jaringan pasar sekaligus membuka lapangan kerja,” katanya.

Jurnalis : Agus

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE – Gampong Ladang Tuha II, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memberikan pelatihan kepada Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) setempat menjadi entrepreneur muda berbasis Syariah.

Keuchik Ladang Tuha II, Mukhlis S.HI, Jumat (16/12/2022) mengatakan, kegiatan pelatihan itu dianggap sangat penting yang bertujuan agar pemuda dan masyarakat menambah ilmu pengetahuan dalam mengembangkan bakat untuk menjadi seorang enterpreneur.

Dikatakannya, pelatihan itu dilakukan di kantor desa yang menghadirkan tiga narasumber, yaitu Kadis Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Kepala Bank Aceh Syariah Unit Manggeng dan Yudya Pratidina, S.Ds.

Baca Juga:  Lagi, Terdakwa Kasus Korupsi di Simeulue Dibui 4 Tahun

“Tujuan lain dari pelaksanaan pelatihan tersebut untuk mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi gampong, serta mengembangkan rencana kerjasama usaha dengan pihak ketiga, supaya terciptanya jaringan pasar sekaligus membuka lapangan kerja,” katanya.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan meningkatkan pendapatan masyarakat gampong dan pendapatan asli gampong apalagi pasca Covid-19.

Dia juga mengajak semua masyarakat, ketika membuka usaha, mereka harus memperhatikan nilai-nilai syariah dalam bertransaksi maupun kegiatan lainnya. Karena Aceh ini memiliki kewenangan khusus melalui Qanun Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah. Sudah sepatutnya seluruh lapisan masyarakat mendukung Pemerintah Aceh dalam menjalankan konsep Syariah.

Baca Juga:  Kadis PU Gayo Lues Minta Pemilik Excavator Perbaiki Jalan

“Tentu dalam hal ini kita menyadari masih ada kekurangan dalam penerapan konsep syariah. Mari kita saling mendukung untuk bersinergi semua pihak dan terus berbenah karna usia Qanun tersebut baru beberapa tahun berjalan,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis DPMP4 Abdya, Nur Afni Muliana S.Pd. mengungkapkan kegiatan yang dilaksanakan oleh Gampong Ladang Tuha II sangat bagus, dan ini baru satu-satunya yang melaksanakan kegiatan seperti ini di dalam Kabupaten Abdya.

Pada kesempatan itu, dia berharap masyarakat harus menjadi motor penggerak ke arah yang lebih baik. Pemuda harapan bangsa, perlu membangun kesadaran kolektif untuk menggali potensi yang ada di gampong dan membangun kekompakan bersama aparatur serta seluruh lapisan masyarakat serta terlibat langsung dalam kegiatan penyusunan program yang ada di gampong.

Baca Juga:  Kejari Gayo Lues Musnahkan BB Narkoba

Kemudian untuk peningkatan ekonomi masyarakat, sambungnya, harus ada satu Gampong satu dasawisma sehingga dalam dasawisma, punya produk masing-masing untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Lebih lanjut, sebutnya, BUMG harus berbadan hukum dan pengurusnya harus aktif. Segala sesuatu kegiatan harus ada pelaporan dan dokumentasi, sehingga apa pun yang diminta dalam penilaian ada dokumennya, yang paling penting untuk keuchik adalah bagaimana membuat tata kelola desa yang baik, administrasi yang baik dan pelaporan.

“Desa itu maju apa bila semua masyarakatnya kompak dan bergotong royong. Bekerja sama dan mari bangkit pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui BUMG,” imbuhnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.