Gelar Milad ke 63, SMPN 1 Seunagan Bekali Siswa Kemampuan Enterpreneur

Kabid GTK Disdik Nagan Raya, Bhayu Aji, Kepala SMPN 1 Seunagan, Misnan dan tamu undangan lainnya sedang memerkan produk SMPN 1 Seunagan. ANTARAN/foto ist
Bagikan:

“Dengan adanya kegiatan expo hasil karya dalam milad ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri para siswa dalam berkomunikasi dengan orang lain dan meningkatkan kemampuan siswa dalam enterpreneur atau kewirausahaannya,” ungkap Misnan.

Jurnalis: Sahidal Andriadi

ANTARAN | SUKA MAKMUE – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya, menggelar milad ke-63 di sekolah setempat, Sabtu (02/03/2024).

Kepala SMP Negeri 1 Seunagan, Misnan SPd MSi dalam siaran tertulisnya yang diterima Antaran, menyebutkan, pada tahun ini dikemas dengan kegiatan expo panen hasil karya program sekolah penggerak yang dihasilkan oleh siswa.

“Kegiatan ini berlangsung sangat meriah dan mengundang antusiasme masyarakat untuk hadir dan menyaksikan langsung keterampilan siswa SMP Negeri 1 Seunagan dalam memamerkan dan memasarkan hasil karya terbaiknya,” katanya.

Baca Juga:  Satu Unit Rumah Warga di Kluet Timur Terbakar

Kata Misnan, selain memamerkan hasil karya, para siswa juga menawarkan aneka makanan nusantara yang sangat mengundang para tamu untuk membelinya.

“Dengan adanya kegiatan expo hasil karya dalam milad ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri para siswa dalam berkomunikasi dengan orang lain dan meningkatkan kemampuan siswa dalam enterpreneur atau kewirausahaannya,” ungkap Misnan.

Ketua IGI Daerah Nagan Raya ini mejelaskan, milad tahun ini semaksimal mungkin kita kemas dengan sangat meriah dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkomunikasi dengan para tamu.

Sehingga ujarnya, kepercayaannya akan muncul, selain itu jiwa kewirausahaan atau enterpreneur ship nya bisa meningkat.

Misnan menuturkan, dalam kegiatan expo turut dipamerkan produk hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang selama ini dilakukan oleh siswa siswi SMP Negeri 1 Seunagan.

Baca Juga:  Dinsos Aceh Selatan Salur Bantuan 80 Paket Untuk Perempuan Keluarga Miskin Ekstrem

“Adapun produk yang di pamerkan antara lain, bibit kopi, pupuk kompos hasil daur ulang sampah, sabun cuci piring ekstrak daun pandan dan ekstrak belimbing sunti,” sebutnya.

Kemudian ada pula produk kindang dan kumpulan cerita siswa yang dibuat dalam bentuk buku yang sangat menarik untuk dibaca.

“Orang tua siswa yang juga di undang dalam kegiatan expo tersebut sangat antusias dan mendukung program sekolah seperti ini agar siswa tidak bosan dan semangat dalam belajar,” ucap Misnan.

Kegiatan itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya diwakili Kabid GTK, Bhayu Aji MT, Kepala UPTD Kecamatan Seunagan, Drs Said Chalil, Ketua Komite Sekolah, drh Amir Salihin, dan Pengawas Pembina SMP Negeri 1 Seunagan, Imam Chamdani SPd, juga hadir para orang tua siswa.

Baca Juga:  Kamarsyah Buka Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Aceh Selatan

Kabid GTK Disdik Nagan Raya, Bhayu Aji dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pentingnya kegiatan expo ini sehingga memberikan ruang kepada para siswa untuk kreatif, mandiri, bergotong royong, inovatif dan karakter kewirausahaan yang dapat ditumbuh kembangkan.

“Kegiatan expo seperti ini sangat bermanfaat untuk para siswa dalam meningkatkan kreatifitasnya, kemandiriannya dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan nya” jelas Bhayu.

Selain itu Bhayu berharap, SMP Negeri 1 Seunagan harus dapat membagikan praktik baik ini kepada sekolah lain di Kabupaten Nagan Raya, khususnya Kecamatan Seunagan.

“Praktik baik ini harus ditularkan kepada sekolah lain di Nagan Raya atu di Kecamatan Seunagan, agar semua bisa berkembang bersama-sama,” pinta Bhayu.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.