Gelar Safari Ramadhan, Baitul Mal Aceh Selatan Sosialisasi ZIS dan Salurkan Bantuan

Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan Lakukan Kegiatan Safari Ramadhan serta salukan bantuan kepada BKM di beberapa tempat Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (16/04/2022).(foto/Ist)
Bagikan:

Hari ini kita lakukan kegiatan sosialisasi tentang kesadaran menunaikan zakat fitrah dan pengelolaan serta pendistribusian ke senif-senif yang harus tepat sasaran sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist,” kata H Ahmad Ibrahim.

ANTARANNEWS.COM, TAPAKTUAN – Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan melakukan Roadshow di beberapa Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan dalam rangka Sosialisasi Pengelolaan ZIS dan Program-Program Kegiatan kepada Masyarakat melalui Safari Ramadhan.

Diketahui, Safari Ramadhan tahun ini dimulai dari Tanggal 14 s/d 19 April 2022 1443 H atau sejak malam Jum’at 12 Ramadhan hingga malam Rabu 17 Ramadhan. Selain materi Sosialisasi diberikan setelah berbuka puasa bersama turut juga diisi tausiah oleh penceramah diantaranya Ustad Dedy Sastra, S.Ag, Ustad Riza Nazlianto Lc.MA, Ustad Aguslansyah Putra S.Ag.M.Ag, yang dihadiri Reka Seroja, S. Pd serta Tim Bidang Safari Ramadhan, Muspika Kecamatan, Perangkat Gampong serta masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan Kepala Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan, H Ahmad Ibrahim BA, pada saat mengisi tausiahnya, Sabtu (16/04/2022). Ia mengatakan bahwa kegiatan Safari Ramadhan merupakan momentum penting untuk menambah ilmu dan wawasan keagamaan dengan dakwah atau tausiah singkat terutama materi tentang Kesadaran Menunaikan Zakat Fitrah dibulan Suci Ramadhan.

Baca Juga:  Di Abdya, Pipit dan Walangsangit Mulai Serang Tanaman Padi

“Hari ini kita lakukan kegiatan sosialisasi tentang kesadaran menunaikan zakat fitrah dan pengelolaan serta pendistribusian ke senif-senif yang harus tepat sasaran sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist,” kata H Ahmad Ibrahim.

Ditambahnya, bahwa Baitul Mal sebagai salah satu OPD di Kabupaten Aceh Selatan yang diberikan kepercayaan dalam mengelola Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) dari para Muzaki dan disalurkan oleh Amil Baitul Mal Aceh Selatan bersifat Transparans, Akuntabel, dan Profesional dengan memperhatikan aturan-aturan serta kaidah kaidah syariah sebagaimana yang sudah ditentukan dalam Al-Quran dan Hadist.

“Dalam Safari Ramadhan ini, tentu kita tingkatkan amal ibadah dirikan shalat serta tunaikan zakat baik itu zakat fitrah juga zakat profesi lainnya, Semoga Harta yang sudah saudara Zakat,Infaq dan Sedekahkan diberkahi Allah, Allah lipat Gandakan rezeki saudara dengan rezeki yang suci dan baik pungkas Kepala Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan,”kata Ahmad Ibrahim di sela-sela tausiahnya.

Baca Juga:  Terima Kunjungan Baitul Mal, Ini Kata Pj Bupati Aceh Selatan

Kesempatan yang sama, Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan, drh Asrijal Junaidi menyampaikan bahwa kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan salah satu program kegiatan yang sudah direncanakan dalam penyusunan program Kerja di Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan.

“Sumber Dana yang digunakan dalam kegiatan ini bersumber dari Dana ZIS tahun Zakat 2022 yang dialokasikan sebesar 50 Juta dari senif Fisabilillah. Dana tersebut digunakan untuk baik itu Akomudasi, Konsumsi dan pembelian Media Sosialisasi berupa Kipas Angin dan Jam Dinding yang diberikan kepada BKM masjid pada saat melakukan Safari Ramadahan,”jelasnya.

Untuk Para Muzaki, kata Asrijal. Bila ingin menyalurkan zakat ke Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan bisa dengan mudah melalui Nomor Rekening atau bisa langsung mendatangi kantor Baitul Mal tersebut.

Baca Juga:  Diduga Kepala Desa Selingkuh, Warga Demo dan Segel Kantor Desa Labuan Jaya 

“Kami berharap dengan adanya Safari Ramadhan ini Keberadaan Baitul Mal dan Program Kerja di Baitul Mal dapat diketahui lebih luas oleh masyarakat Kabupaten Aceh Selatan dan meningkatkan kepercayaan muzaki/masyarakat untuk terus menyalurkan ZIS ke Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan,” Imbuhnya.

Berdasarkan informasi diterima, bahwa tahun ini Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan akan menyalurkan Zakat Tahun 2022 sebesar Rp 6,5 Miliar dengan program kegiatan diantaranya Bantuan Peralatan Usaha Ekonomi Produktif, Program Responsif Anak, Bantuan Rehab Rumah, Santunan Fakir Uzur dan Tuna Netra dan lain-lain. Untuk Periode bulan Januari dan April 2022 Akumulasi ZIS yang terkumpul dan akan disalurkan selama Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri Lebih Kurang Sebesar Rp. 899.543.772,.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.