Gempa M 6,4 Guncang Kota Melaboh Aceh

Ilustrasi gempa : Foto Antara Foto / wan
Bagikan:

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault),” jelas Azhar.

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARANNEWS.COM|MEULABOH – Gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo gunjang Pantai Selatan Aceh pada Sabtu, (24/9/2022) sekira pukul 03.52 WIB. Pusat gempa bumi ini tercatat berada di laut dengan kedalaman 53 tepatnya 44 Km parah Selatan Kota Meulaboh, Aceh atau atau pada koordinat 3,75° LU ; 95,97° BT.

Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin SSi MSc mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke Lempeng Eurasia.

Baca Juga:  IRM Nurul Yaqin Padang Baroe Abdya Santuni Puluhan Yatim

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault),” jelas Azhar.

Azhar juga menyatakan, gempabumi yang berpusat di Kota Meulaboh, Aceh tersebut juga dirasakan di Kabupaten Aceh Selatan dan Nagan Raya dengan skala intensitas IV MMI, bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Sementara di di daerah Aceh Besar, Banda Aceh, Takengon, Bener Meriah, dan Simeulue dengan skala intensitas III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Dan daerah Pidie, Idi, Bireun, Langsa dan Aceh Tamiang dengan skala intensitas II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca Juga:  Nama Misteri Muncul, Abdya Mulai Kasak-Kasuk Bahas Soal Pj Bupati

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami. Hingga pukul 04.38 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” kata Azhar.

Sambung Azhar, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak berpengaruh oleh isu yang tidam dapat dipertanggungjawabkan.

Azhar juga mengingatkan, agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Baca Juga:  Polres Abdya Musnahkan Petasan Berdaya Ledak Tinggi

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” kata Azhar.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.