Genjot Ketahanan Pangan, Pj Bupati Aceh Selatan Serah 1.037 Buku Rekening dan Traktor di Pasie Raja

Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S. STP (batik biru) didampingi Kadistan, H. Nyaklah (pakai topi) menyerahkan secara simbolis buku rekening kepada petani Pasie Raja. ANTARAN/Ist
Bagikan:

“Ketahanan pangan dan penanganan inflasi diberbagai asfek harus ditangani secara terpadu dan serius. Percepatan pemulihan ekonomi menjadi skala perioritas di Aceh Selatan,” ujar Cut Syazalisma.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN | TAPAKTUAN – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma S.STP menyerahkan satu unit Traktor kepada kelompok tani Hudep Beusare Gampong (desa) Kampung Baru, Kecamatan Pasie Raja, Kamis (16/11/2023).

Pantauan antaran, penyerahan traktor bantuan Kementerian Pertanian Republik Indonesia kepada kelompok tani dibaringi peusijuk (tepung tawar). Saat penyerahan, Cut Syazalisma didampingi Kepala Dinas Pertanian, H Nyaklah, SP, MM, unsur Muspika dan tokoh masyarakat.

Cut Syazalisma mengatakan, Pemerintah Aceh Selatan melalui berbagai program di sektor pertanian terus berpacu untuk mewujudkan ketahanan pangan. Skala perioritas ini dibangun menggunakan pundi anggaran yang sumber dari APBK, APBA dan APBN.

Baca Juga:  Bupati Tgk Amran Resmikan Gedung Madrasah Ulumul Qur'an

“Ketahanan pangan dan penanganan inflasi diberbagai asfek harus ditangani secara terpadu, serius dan terintegrasi. Percepatan pemulihan ekonomi menjadi skala perioritas di Aceh Selatan,” ujar Cut Syazalisma.

Beriringan upaya dan usaha pemerintah meningkatkan produkvitas petani, Pj Bupati Aceh Selatan berharap, agar bantuan yang diluncurkan pemerintah benar-benar dimanfaatkan dan dirawat dengan baik.

“Gunakan sebaik mungkin bantuan ini, rawat agar dapat digunakan secara berkelanjutan. Kami yakin, dengan adanya bantuan traktor petani lebih bersemangat dalam beraktivitas,” ucapnya.

Sementara itu, Kadis Pertanian Aceh Selatan, H. Nyaklah menyampaikan, bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) diperoleh dua unit dari Kementan-RI.
Satu unit traktor roda empat diserahkan untuk kelompok tani Hudeup Beusare Gampong Baru, Pasi Raja.

Baca Juga:  89 Para Atlit Taekwondo Simeulue ikuti UKT, Pendi Berharap Bisa Jadi Tuan Rumah di PON Mendatang

“Satu lagi adalah hand traktor yang akan diserahkan untuk kelompok tani di Kecamatan Samadua. Substansinya, menggenjot ketahanan pangan untuk mengatasi inflasi,” sergah Nyaklah.

Disebutkan H Nyaklah, selain traktor, petani di Pasie Raja juga diserahkan buku rekening tani dari BSI secara simbolis. Rekening yang akan terisi saldo itu berfungsi khusus untuk menebus pembayaran pupuk bersubsidi di kios-kios trapodi.

“Tadi telah kami salurkan secara simbolis 1.037 buku rekening tani kepada 92 kelompok tani Pasie Raja. Penyerahan buku tabungan untuk petani akan dilanjutkan di kecamatan lain dalam wilayah kabupaten Aceh Selatan,” imbuhnya.

Diprediksikan, jumlah buku tabungan BSI untuk petani Aceh Selatan yang akan diserahkan mencapai 20.000 orang di 18 kecamatan. Data akurat berada di pihak perbankan.

Baca Juga:  Pameran UMKM BUMG HUT 77 Kabupaten Aceh Selatan Ditutup Bupati Tgk Amran

“Buku rekening ini hanya berfungsi untuk menebus pupuk bersubsidi. Sedangkan untuk transaksi lain tidak bisa dimanfaat, baik penarikan maupun transfer. Soal isi saldo, kami tidak pernah tau berapa jumlahnya,” jelas Nyaklah.

Menurut Kadistan Aceh Selatan, kegiatan itu terselenggara di Aceh Selatan atas tindak lanjut program Kementan RI bekerjasama dengan perbankan. Tujuannya, ke depan petani di Aceh selatan lebih mudah menebus pembayaran pupuk bersubsidi.

Ketua Kelompok tani Hudep Beusare, Helmi mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah, atas penyerahan traktor roda empat.

“Sebagai petani, kami merasa senang dan bangga atas bantuan traktor. InsyaAllah, bantuan ini memudahkan aktivitas petani menggarap lahan. Iya, lebih mudah, cepat dan tepat waktu untuk bercocok tanam,” pungkas Helmi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.