GM PLN Wilayah Aceh Sebut Bakal Bangun PLTS di Simeulue

GM Wilayah Aceh, Parulian Novriandi saat foto bersama dengan Forkopimda Simeulue di acara Peusijuk mesin baru PLN di Unit PLN Kampung Air pada Rabu (21/06/2023). ANTARAN/foto: Ist.
Bagikan:

“Insyallah dalam waktu dekat kami akan segera melakukan survei ke Simeulue. Kemungkinan untuk tindak lanjut pemasangannya diperkirakan pada tahun 2023 – 2024,” ujar Parulian.

Jurnalis : Ardiansyah

ANTARAN|SINABANG – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Wilayah Aceh mewacanakan akan membangun Pembangkit Listrik Energi Baru Terbarukan (EBT) di Kabupaten Simeulue pada rentang waktu tahun 2023 – 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan General Manager (GM) PLN Unit Induk Distribusi (UID) Wilayah Aceh, Parulian Novriandi saat melakukan Pesijuek tiga unit mesin baru PLN ULP Kampung Air, pada Rabu, (21/06/2023).

Baca Juga:  50 Jamaah Calhaj Subulussalam Tergabung Dalam Dua Kloter

Dikatakannya, salah satu pembangkit listrik energi terbarukan yang direncanakan bakal dibangun di Kabupaten Simeulue dalam waktu dekat ini adalah Pembangkit listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 2 Mega Watt Pic (MWP).

“Insyallah dalam waktu dekat kami akan segera melakukan survei ke Simeulue. Kemungkinan untuk tindak lanjut pemasangannya diperkirakan pada tahun 2023 – 2024,” ujar Parulian.

Selain itu, jelas Parulian, pembangkit listrik EBT yang saat ini sedang diproses di tingkat pusat adalah Pembangkit Listrik Tenaga Biomasa (PLTBM) yang bahan bakarnya terdiri dari cangkang kelapa sawit dan kayu, sekam padi, tongkol jagung, ampas tebu, serbuk kayu dan limbah pertanian lainnya.

Baca Juga:  WN Aceh Hadiri Lokakarya Penguatan Pemerintahan Mukim Abdya

Untuk pelaksanaan pembangunan PLTBM ini akan di mulai pada tahun 2026-2027. Jika terlaksana, kemungkinan pengerjaan diperkirakan memakan waktu 2 tahun. Kemudian, pembangkit Listrik yang memanfaatkan Energi hijau ini juga akan meningkatkan pendapatan ekonomi petani khususnya petani Tandurian.

“Kita berharap di Kabupaten Simeulue ada petani tandurian, nantinya hasil dari perkebunan tersebut bisa dijadikan bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Biomasa,” kata Parulian.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.