Hadapi MQK-III Aceh, 10 Satri Aceh Selatan Mengikuti Training Baca Kitab Kuning

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Selatan, Drs. Farid Wajidi saat memberi keterangan kepada media. ANTARAN / Sudirman Hamid.
Bagikan:

“Hasrat pemerintah dan masyarakat, kontingen Aceh Selatan bisa meraih juara umum pada ajang MQK-III Aceh. Makanya para santri ditraining maksimal,” kata Drs. Farid Wajidi.¬†

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Memantapkan persiapan mengikuti even membaca kitab kuning (Kutub At-Turats) di ajang Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) III Aceh Tahun 2023, Calon peserta Kabupaten Aceh Selatan ditraining (pembekalan) maksimal.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Selatan, Drs. Farid Wajidi menuturkan, pihaknya terus berusaha untuk meningkat kapasitas keagamaan diberbagai sektor, baik fasilitas maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

Konsep dan program yang ditoreh sesuai dengan visi-misi Azam, salah satunya pemberdayaan dayah-dayah, ulama dan para santri untuk lebih berkualitas, berdayaguna dan mumpuni. Kiat ini termasuk peningkatan kapasitas membaca Kitab Kuning bagi santri dan masyarakat.

Baca Juga:  Ini Nama - Nama Yang Masuk Tiga Besar Calon Kepala Dinas Pemkab Aceh Selatan¬†

“Hasrat pemerintah dan masyarakat, kontingen Aceh Selatan bisa meraih juara umum pada ajang MQK-III Aceh. Menindaklanjuti impian tersebut, para santri ditraining maksimal dengan mengjadirkan pelatih terkemuka,” kata Drs. Farid Wajidi kepada antaran, Jumat (16/6/2023) di ruang kerjanya.

Sesuai permintaan panitia MQK Aceh, Aceh Selatan akan mengirim dan memberangkatkan 10 peserta untuk bertarung di tingkat provinsi yang direncanakan berlangsung tanggal 21-24 Juni 2024.

Diutarakan Farid Wajidi, hasil event MQK III Aceh Selatan Tahun 2023 yang baru selesai dilaksanakan, sebanyak 10 santri/santriwati peraih juara satu telah memiliki tiket melaju ke tingkat provinsi Aceh. Jikapun berhalangan, calon peserta bisa digantikan oleh pemenang urutan dua pada lima cabang yang diperlombakan.

Baca Juga:  Target Empat Kursi DPRK, Caleg Demokrat Setiap Dapil Diminta Rebut Kursi

Menindaklanjuti impian pemerintah daerah menyabet juara umum, Dinas Pendidikan Dayah Aceh Selatan melakukan pembekalan serius selama beberapa hari sebelum diberangkatkan menuju Banda Aceh.

“Instruktur pembekalan melihatkan guru-guru berpengalaman di bidang pembacaan dan pemahaman kitab kuning, yaitu dewan guru dari Dayah Darussalam Al Waliyah dan Darul Ihsan. Ini merupakan terobosan baru atas arahan pimpinan,” urainya.

Lebih detail disampaikan, Cabang Tauhid putra akan dikirim Muhammad Farhan. Untuk putri Noval iklima. Kedua duta ini berasal dari Dayah Darussalam Al Waliyah. Cabang Akhlak putra, Ahmad Juraizi Al Yusufi (Madinatuddiniyah Babussa’adah), Putri diwakili Uswatun Mukrimah (Darul Ihsan), Sinta (Darul Wustha).

Baca Juga:  PT Socfindo Kebun Seumanyam Lakukan Sosialisasikan, Ini Pesan Pihak Perusahaan

Sementara cabang Ushul Fiqh putra dikawai Asrul Kiram (Darussalam Al Waliyah). Peserta putri Rahmiana (Darussalam Al Waliyah). Kemudian cabang Nahwu putra Farhan Al Farisi (Darussalam Al Waliyah). Komposisi putri, Nafisah Putri Anum (Darussalam Al Waliyah).

Terakhir, Tafsir putra, Arizki Fahmi (Darul Ihsan). Komponen Tafsir Putri Hanifa Hidayah Nur Nasywa (Darul Ihsan). “Mudah-mudahan upaya ini bisa menjadi batu loncatan untuk menggapai kesuksesan dan keberhasilan dalam pembacaan serta penghayatan kitab kuning,” ucapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.