Hadapi Pemilu 2024, KIP Gayo Lues Galang Kerjasama Dengan Kejari

Kejaksaan Negeri (Kejari) Gayo Lues melaksanakan kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Gayo Lues, Senin (05/02/2024). ANTARAN / Bayu Y
Bagikan:

“Maksud dari perjanjian kerja ini sebagai tindakan preventif untuk meminimalisir terjadinya potensi gugatan dalam setiap pelaksanaan pemilu,” terang Ismail.

Jurnalis : Bayu Y

ANTARAN|GAYO LUES – Kejaksaan Negeri (Kejari) Gayo Lues melaksanakan kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Gayo Lues.

MoU ini terkait dengan Pelaksanaan Penyelenggaraan Pemilihan Umum, Pemilihan Gubernur dan Bupati serta penanganan masalah hukum Perdata dan Tata Usaha Negara.

Pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian kerjasama antara Kejari dan KIP Gayo Lues ini berlangsung di Aula Kejaksaan Negeri setempat, Senin (05/02/2024).

Kajari Gayo Lues, Ismail Fahmi SH mengatakan, kerjasama berkaitan dengan Pelaksanaan Penyelenggaraan Pemilihan Umum, Pemilihan Gubernur Dan Bupati serta penanganan masalah Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara.

Baca Juga:  Pemkab Abdya Susun RKPD 2024, Ini Kata Pj Bupati Darmansah  

“Maksud perjanjian kerjasama ini yaitu sebagai landasan dan pedoman bagi para pihak dalam melaksanakan kerjasama dukungan Bidang Intelijen dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum, Pemilihan Gubernur dan Bupati serta dukungan Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dalam Penanganan Masalah Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara,” terangnya.

Ismail Fahmi juga menyampaikan, Perjanjian Kerjasama ini sangat penting, mengingat lembaga KIP Gayo Lues yang kian di hadapkan dengan berbagai kegiatan hukum apalagi dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

Baca Juga:  Insan Bumi Mandiri dan Rumah Amal Salman Salurkan Perahu Sekolah untuk Anak-Anak Pedalaman NTT

“Maksud dari perjanjian kerja ini sebagai tindakan preventif untuk meminimalisir terjadinya potensi gugatan dalam setiap pelaksanaan pemilu,” terang Ismail.

Dikatakannya, Pemilu serentak tahun 2024 merupakan perhelatan Akbar pesta demokrasi, pasti ada yang menang dan kalah. Undang-Undang memberikan ruang bagi mereka yang tidak puas atas hasil pemilihan tersebut dengan mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usahan Negara (PTUN), maupun ke Mahkamah Konsutisi (MK).

“Oleh karena itu Jaksa sebagai pengacara Negara dapat bertindak baik didalam maupun di luar Pengadilan atas nama KIP Kabupaten Gayo Lues,” terangnya.

Baca Juga:  PAPERA Lampung Konsolidasi, Don Muzakir : Prabowo Presiden, Gerindra Menang

Pj Bupati Gayo Lues, Drs H Alhudri MM menyampaikan, tinggal beberapa hari lagi proses pemilu serentak tahun 2024 akan kita hadapi sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pemilu dan pilkada tentunya KPU/KIP telah mempersiapkan segala kebutuhan Pemilu, baik kebutuhan Logistik maupun Kebutuhan lainnya.

“Namun dibalik itu, tentunya KIP akan banyak mengalami tantangan terhadap berbagai persoalan terkait dengan pemilu. Maka dari itu sangat memerlukan berkoordinasi dan berkomunikasi terhadap berbagai sengketa yang mungkin akan terjadi, khususnya dalam hal Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.