Harga Cabai Rawit di Abdya Tembus Rp 120 Ribu/Kg

Hari lebaran Idul Adha tahun ini, harga cabai rawit yang dijual petani terus mengalami peningkatan dibandingkan sebelum lebaran, Selasa (12/06/2022). ANTARAN / SYAH ANTONI
Bagikan:

Tingginya harga bumbu dapur incaran ibu-ibu rumah tangga ini membuat para konsumen menjadi kewalahan dalam memenuhi kebutuhan cabai sehari-hari.

Jurnalis: Agus

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE-Harga cabai rawit disejumlah pasar dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mencapai Rp 120 ribu/kg.

Kenaikan harga secara drastis ini terbilang jauh dari harga sebelumnya yang berkisar antara Rp 70.000-Rp 85.000/Kg.

Kondisi mahalnya harga cabai rawit ini dirasakan berat bagi masyarakat konsumen di kabupaten setempat.

Rianti masyarakat Kecamatan Susoh kepada antarannews.com, Rabu (13/7/2022) usai berbelanja di Pasar Blangpidie mengaku resah dengan kenaikan harga cabai rawit yang tergolong tinggi itu.

Harga dengan kisaran Rp 100.000-Rp 120.000/kg untuk cabai rawit sangat jarang terjadi.

Baca Juga:  Dukung Kemajuan Wisata Aceh Selatan, Dandim 0107/Asel Gelar Silaturrahmi Dengan Komunitas Wisata Tuan Tapa

“Menjelang lebaran Idul Adha harga cabai rawit sekitar Rp 85.000/kg. Memasuki hari ketiga dan keempat lebaran harga cabai rawit naik drastis mencapai Rp 120.000/kg,” paparnya.

Tidak hanya cabai rawit, cabai merah juga masih bertahan dengan harga tertinggi yakni Rp 100.000- Rp 110.000/kg, bahkan kondisi harga yang tinggi itu telah berlangsung sejak beberapa pekan terakhir.

Tingginya harga bumbu dapur incaran ibu-ibu rumah tangga ini membuat para konsumen menjadi kewalahan dalam memenuhi kebutuhan cabai sehari-hari.

Begitu juga dengan pelaku usaha rumah makan yang merasa khawatir jika harga cabai kian mahal.

Baca Juga:  Satlantas Polres Abdya Bagikan Nasi ke Abang Becak

Darmi pedagang bumbu dapur di Pasar Blangpidie kepada Antarannews.com mengatakan, penyebab tingginya harga cabai rawit dan cabai merah dikarenakan pasokan cabai dari petani minim,

baik dari petani lokal maupun luar daerah seperti Gayo Lues, Aceh Tengah, hingga Sumatera Utara sehingga memicu terjadinya kenaikan harga.

Sementara permintaan masyarakat akan cabai merah tersebut setiap hari semakin meningkat.

Disebutkan, kisaran harga cabai merah saat ini antara Rp 100.000- Rp 110.000/kg, itupun tergantung kualitas dan jenis cabai.

Padahal jauh sebelumnya, harga cabai merah bisa dikatakan relatif stabil yaitu antara Rp 30.000- Rp 35.000/kg.

Begitu juga dengan harga cabai rawit yang mencapai harga Rp 100.000-Rp 120.000/kg, harga tomat sekitar Rp 10.000- Rp 12.000/kg dan harga bawang merah Rp 32.000- Rp 33.000/kg tergantung jenis dan kualitas.

Baca Juga:  Alasan Lebih Efektif, Posko Penggalangan Dana Pembangunan Mushalla dan RSYMC Pindah

Ditambahkan, sejauh ini pihaknya tidak bisa memprediksi kapan harga cabai rawit dan cabai merah ini akan kembali stabil, sebab pasokan cabai dari petani sangat terbatas. Tentu kondisi ini akan menjadi pemicu harga cabai tetap tinggi.

“Belum bisa dipastikan kapan harga cabai rawit dan cabai merah akan turun. Sebagian besar pedagang mengandalkan pasokan cabai dari luar daerah,

sementara persediaannya sangat terbatas. Kalau pun ada dari petani lokal, tentu jumlahnya tidak terlalu banyak,” paparnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.