Harga Getah Karet di Aceh Tenggara Bertahan Rp 9.000/Kg

Ramlan Lubis sedang deres getah karet alam di Aceh Tenggara, Sabtu (06/08/2022). ANTARAN / HIDAYAT
Bagikan:

“Jika dibandingkan dengan harga di Medan harga memang mahal. Namun kami tidak bisa menjual getah ini ke Medan, lantaran hasilnya cuma sedikit,” jelasnya. 

Jurnalis : Hidayat

ANTARANNEWS.COM|KUTACANE – Harga getah karet alam di Aceh Tenggara bertahan Rp 9.000/Kg. Harga getah karet alam terus tetap bertahan sejak satu tahun belakangan ini.

Ramlan Lubis (45), seorang warga Desa Pulo Kedondong, Kecamatan Bambel, Kabupaten Aceh Tenggara kepada antarannews.com, Sabtu (06/08/2022) mengaku dirinya sudah hampir 4 tahun bekerja sebagai seorang tenaga penderes getah karet.

Baca Juga:  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo: Indonesia Perlu MPR Yang Bisa Mengeluarkan Ketetapan MPR

“Saya sudah menggeluti pekerjaan sebagai penderes getah karet alam ini sudah hampir 4 tahun. Bahkan sebelumnya harga getah karet sempat terpuruk di angka Rp 3.000/Kg.

Sehingga waktu itu banyak juga warga disini yang sehari-harinya sebagai petani karet beralih bekerja sebagai profesi lain seperti kuli bangunan, pedagang asongan dan lainnya,” ungkapnya.

Akan tetapi, lanjutnya, saat ini harga sudah bertahan lumayan mahal, sehingga warga setempat pun kembali banyak menjadi pekerja penderes karet.

Baca Juga:  Terkait Harga Sawit, Begini Prediksi Ketum ISMI Aceh

“Jika dibandingkan dengan harga di Medan harga memang mahal. Namun kami tidak bisa menjual getah ini ke Medan, lantaran hasilnya cuma sedikit,” jelasnya.

Menurutnya, kebanyakan petani karet setempat lebih memilih menjual kepada agen pengepul lokal. Karenanya, ia berharap kepada pemerintah daerah maupun pihak terkait supaya harga bisa terus bertahan seperti saat ini.

“Jikalau sewaktu waktu harganya turun kembali, maka akan berdampak terhadap pendapatan kami. Sebab hasil penjualan getah ini tentunya untuk biaya kebutuhan hidup sehari-hari dan selebihnya biaya untuk keperluan pendidikan anak – anak kami,” pungkas Ramlan Lubis.(*)

Baca Juga:  Saat Pekan Ilmiah Temu Ramah Insan Kesehatan, Ini Pesan Pj Bupati Dr Nurdin Kepada Para Nakes Aceh Jaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.