Harga Minyak Nilam di Aceh Selatan Rp 1 Juta per Kg, Pala Bersaing Tipis

Ilustrasi Tanaman dan daun Nilam. Antaran/Istimewa.
Bagikan:

“Saat ini harga minyak Nilam dibeli pedagang pengumpul kisaran Rp 1.000.000 per kilogram. Kalau minyak Pala bersaing tipis Rp 950.000 per kilogram,” kata Muhibuddin.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN | TAPAKTUAN – Harga minyak Nilam (atsiri) khas Aceh meranjak naik dipasaran sejak sebulan terakhir, pedagang pengumpul Aceh Selatan membeli dari petani senilai Rp 1 juta per kilogram.

Salah seorang pedangan pengumpul kecil-kecilan di Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Muhibuddin mengaku pihaknya membeli dari petani Rp 1 juta per kilogram. Sebelumnya atau sekira dua bulan lalu, harga minyak nilam masih berkuat Rp 800.000 per kilogram.

Baca Juga:  Jelang Nataru, Polres Abdya Gelar Operasi Lilin 2022

“Posisi hari ini Rp 1 juta per kilogram. Harga ini merupakan pembelian di tingkat pedagang pengumpul. Artinya, harga itu bisa lebih meningkat jika di jual kepada distributor di Medan, Sumatera Utara. Harga ini nyaris mencapai puncak,” ujar Muhibuddin, Rabu (29/5/2024.

Menurut dia, harga minyak nilam di Aceh Selatan bersifat temporer, bisa naik secara tiba-tiba dan anjlok seketika. Maka, harga saat ini sudah tergolong teratas dan sangat menguntungkan petani.

Baca Juga:  Diduga Buntut Kritik di Media Sosial, Aktivis Muda Bener Meriah Dilaporkan ke Polisi

Sementara itu, kata Muhibuddin, harga minyak Pala turut terseret naik tipis dibandingkan bulan lalu. Saat ini harga minyak Pala bertengger Rp 950.000 per kilogram.

“Iya, harga minyak pala bersaing tipis dengan minyak nilam. Secara otomatis harga buah mentah juga terhela naik dari harga sebelumnya. Saat ini harga pala mentah ditampung pedangang pengumpul Rp28.000 – Rp29.000 per kilogram,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.