Harga Sawit Kembali Merosot Di Aceh Selatan Rp1.400-Rp1.500 per Kg

Kepala Dinas Pertanian Aceh Selatan, H Nyaklah, SP. MM. Foto: ANTARAN/Dokumentasi.
Bagikan:

“Minggu kemarin harga TBS masih normal dan berkutat Rp 1.920 per kg. Saat ini melemah dan terus merosot,” kata Kepala Dinas Pertanian, H Nyaklah, SP, MM.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Kondisi harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit mengalami penurunan dan merosot tajam di wilayah Kabupaten Aceh Selatan sejak beberapa hari terakhir.

Penurunan harga TBS di wilayah itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Aceh Selatan, H Nyaklah, SP, MM kepada antaran, Selasa (23/5/2023) melalui komunikasi telepon genggam.

Baca Juga:  Seorang Kakek di Aceh Selatan Lampiaskan Birahi Terhadap ODGJ

Katanya, informasi yang dihimpun dari para penampung (pembeli) dan petani, harga TBS pada Minggu ke tiga bulan Mei 2023 mengalami penurunan sebesar Rp 400-Rp 500 per kg dari harga sebelumnya.

“Minggu kemarin harga TBS masih normal dan berkutat Rp 1.920 per kg. Saat ini melemah dan terus merosot. Faktor ini berdampak pada perekonomian masyarakat,” kata Kepala Dinas Pertanian, H Nyaklah, SP, MM.

Sesuai data dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT ATAK di Trumon Timur, harga TBS pada hari ini seharga Rp 1.740 per kg. Harga tersebut lebih rendah terhadap transaksi jual beli di beberapa kecamatan yang nota benenya kawasan produksi sawit.

Baca Juga:  Antisipasi Dampak El Nino, Pj Bupati Agara Tinjau Gudang Bulog dan Pasar

“Harga di kecamatan-kecamatan bervariasi, lantaran ditambah ongkos transportasi angkutan dan biaya lain menuju pabrik PT ATAK. Harga di kecamatan tergantung jarak tempuh ke PT ATAK,” ujar Nyaklah.

Menurut Kadis Pertanian, harga jual petani di RAM penampungan bervariasi Rp 1.400-Rp 1.500 per kg. Harga ini bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu atau naik-turun (fluktuasi) sesuai harga sawit di pasaran.

Disebutkan Nyaklah, harga TBS di kecamatan Trumon Raya, Bakongan Timur dan Bakongan Rp 1.500 per kg. Sedangkan di kecamatan Kota Bahagia dan Kluet Timur bertengger Rp 1.450. Sementara di Kluet Selatan di tampung Rp 1.470 per kg.

Baca Juga:  Pererat Silaturahmi, Anggota DPRA Resmi di Buka Turnamen Volly Ball Wanita

“Harga pembelian terendah terdapat di kecamatan Kluet Tengah, Kluet Utara dan Pasie Raja Rp 1.400 per kg. Ini komposisi harga jual beli TBS di Aceh Selatan saat ini,” tutup Kadis Pertanian.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.