Hari Ini Turun Lagi, Harga Sawit di Abdya Sudah Anjlok Rp 120/kg

Zaman Akli pedagang pemasok sawit di Kuala Batee, Abdya
Bagikan:

“Kami petani kecil, ya pasrah. Mau buat apa kami orang kecil dan lemah ini. Cuma bisa berharap pemerintah lihat kami lah rakyat petani miskin ini dengan membatu menaikan harga pertanian seperti, sawit,” tutur Ibrahim seorang petani di Babahrot, Abdya.

ANTARANNEWS.COM,BLANGPIDIE – Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Abdya, hari ini turun lagi, rata-rata mencapai Rp 20/kg. Dengan turunnya harga tersebut, maka sawit sudah anjlok rata-rata Rp 120/kg dalam sepekan terakhir dan juga tercatat secara beturut sudah tiga kali terjadi penurunan.

Baca Juga:  Jembatan di Ruas Jalan Provinsi Sinabang -Sibigo Ambruk Akibat Termakan Usia

Zaman Akli pedagang pemasok sawit di Kuala Batee, Abdya kepada antarannews.com, Sabtu (4/6/2022) pagi tadi, mengakui kalau harga sawit hari ini kembali turun sekitar Rp 20/kg. “Karena harga pembelian di pabrik hari ini turun dari Rp 1.820 per kilogram menjadi Rp 1.800/kg. Kami juga binggung kok dalam sepekan harga sudah turun berturut-turut sebanyak tiga kali,” katanya.

Sementara harga ditingkat petani mulai hari ini, dibeli oleh agen pengumpul turun dari Rp 1.500/kg – Rp 1.550/kg menjadi Rp 1.450/kg – Rp 1.500/kg. “Rata-rata harga pembelian kami hari ini sekitar Rp 1.500/kg. Dan ada juga sawit yang kami beli dengan harga Rp 1.450/kg, itu kualitas buah agak kurang bagus,” kata Rizal agen pengumpul di daerah setempat.

Baca Juga:  Wakili Aceh, Dua Kenshi Bener Meriah Ikuti Kejurnas Kempo di Solo

Para petani di Abdya mengaku pasrah dengan kondisi harga sawit yang terus bergerak turun dalam sepekan terakhir. “Kami petani kecil, ya pasrah. Mau buat apa kami orang kecil dan lemah ini. Cuma bisa berharap pemerintah lihat kami lah rakyat petani miskin ini dengan membatu menaikan harga pertanian seperti, sawit,” tutur Ibrahim seorang petani di Babahrot, Abdya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.