Hartawan Diminta Salurkan Zakat Melalui Baitul Mal, Begini Kata Pemerhati

Pemerhati di Aceh Selatan, Misbar SH. ANTARAN/Istimewa
Bagikan:

“Dengan adanya dukungan tersebut kami yakin, Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan dapat meneruskan dan mengembangkan programnya dengan baik dan mampu mengubah kondisi sosial ekonomi masyarakat Aceh Selatan,” ucapnya.

Jurnalis: Sahidal Andriadi

ANTARAN | TAPAKTUAN – Baitul Mal sebagai lembaga keistimewaan dan kekhususan pada Pemerintah Aceh Selatan terbukti telah melaksanakan tugasnya untuk menjaga, memelihara, mengelola dan mengembangkan Zakat, Infak, Harta Wakaf dan Harta Keagamaan lainnya dan pengawasan perwalian berdasarkan Syariat Islam.

Tidak hanya sampai disitu, Baitul Mal Aceh Selatan melalui berbagai programnya yang menyasar langsung kepada mustahik (orang yang berhak menerima zakat) telah menjadi bagian penting dalam menopang kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Aceh Selatan.

Seperti yang diketahui, berbagai program yang diluncurkan Baitul Mal Aceh Selatan dinilai tetap sasaran berdasarkan peraturan yang berlaku baik dalam hukum IsIam maupun aturan bernegara.

Baca Juga:  Kepala Cabang Bank BSI Tapaktuan Silaturrahmi ke BMK Aceh Selatan

Oleh sebab itu, demi keberlanjutan program tersebut, hartawan Aceh Selatan diminta dapat menjadi bagian yang mendukung pembangunan kesejahteraan masyarakat Aceh Selatan dengan cara menyalurkan langsung zakatnya kepada Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan ataupun Baitul Mal Gampong.

“Kami sangat mendukung program-program Baitul Mal Aceh Selatan saat ini, banyak manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat untuk mendukung kesejahteraan, program ini tentu saja tidak terlepas dari dukungan dan kontribusi langsung pemberi zakat di Aceh Selatan selama ini,” ucap salah seorang pemerhati di Aceh Selatan, Misbar SH, pada Minggu (23/06/2024).

Dikatakan, dukungan langsung dari para Muzzakki (pemberi zakat) dan munfiq (pemberi infaq) sangat diharapkan agar program pembangunan kesejahteraan masyarakat tidak mampu di Aceh Selatan melalui Baitul Mal Aceh Selatan terus dapat berjalan dan berkembang.

Baca Juga:  Pawai Takbir Idul Adha 1445 Hijriah di Nagan Raya Diguyur Hujan 

Lebih lanjut, dia berharap, para hartawan, Muzzakki dan munfiq Aceh Selatan, baik di dalam Kabupaten Aceh Selatan maupun perantauan dapat menyalurkan zakatnya ke Baitul Mal Aceh Selatan, yang nantinya akan dikelola dan disalurkan melalui berbagai macam program langsung kepada masyarakat Aceh Selatan.

“Dengan adanya dukungan tersebut kami yakin, Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan dapat meneruskan dan mengembangkan programnya dengan baik dan mampu mengubah kondisi sosial ekonomi masyarakat Aceh Selatan,” ucapnya.

Untuk diketahui, pada tahun 2024 Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan meluncurkan program kegiatan diantaranya, Santunan Fakir Uzur Seumur Hidup, Santunan Disabilitas Tuna Netra Seumur Hidup, Santunan Kebutuhan Hidup Fakir Miskin, Santunan Biaya Pendampingan Pasien Berobat.

Baca Juga:  Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni Belum Terealisasi, Begini Kata Ketua Baitul Mal

Santunan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Bangun Rumah Layak Huni, Renovasi Ringan Rumah Fakir Miskin, Bantuan Pembinaan Muallaf, Bantuan Dana Korban Kebakaran dan Angin Kencang, Bantuan OP Balee Seumeubet, TPA, dan Pengajian, Bantuan Pendidikan Siswa – Siswi TK hingga SMA, Reward Hafiz Quran.

Selain itu, peningkatan Kapasitas Pengelolaan Zakat, Bantuan Insentif Fisabilillah Gampong, Bilal dan Khadam, Modal Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Miskin, Modal Usaha Keluarga Yang Mempunyai Anak Yatim, Bangun Baru Rumah Layak Huni, Renovasi Ringan Rumah Fakir Miskin dan Renovasi Berat Rumah Fakir Miskin.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.