Hindari Terserempet Hukum, Bendahara BOS SMP Se Aceh Selatan Dilatih Manajemen Pengelolaan

Kadisdik Aceh Selatan, Akmal AH, S.Pd saat memberi arahan kepada 62 bendahara BOS sebagai peserta pelatihan. ANTARAN/Istimewa.
Bagikan:

“Untuk meningkatkan kompetensi Pendidikan jenjang SMP, bendahara dilatih pengelolaan dan pelaporan BOS agar penggunaannya  tidak terserempet hukum,” kata Saleh Amin.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN l TAPAKTUAN-Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat terus mengupayakan peningkatan kompetensi pendidikan, diantaranya disektor tata kelola dan pelaporan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) agar tidak terbelit hukum.

Kepala Disdikbud Aceh Selatan, Akmal AH, S.Pd menyebutkan, didasari arahan dan petunjuk bapak Pj Bupati Cut Syazalisma, S.STP untuk meningkatkan mutu Pendidikan dan menghadirkan tenaga kepentitikan berkompetensi, maka dipandang penting dilaksanakan pelatihan bagi bendahara BOS, termasuk tingkat SMP.

Baca Juga:  Persiapkan Even POPDA XVII 2024, Dispora Aceh Selatan Seleksi Atlet Secara Terbuka

Dikatakan Akmal, berdasarkan Permendiknas Nomor 19 Tahun 2017 tentang standar pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Karenanya, para bendahara harus dilatih penggunaan aplikasi tata Kelola dan pelaporan dana BOS.

“Pengelolaan dana BOS jangan dianggap main-main, semua penggunaannya sudah diatur pemerintah serta harus sesuai ARKAS. Untuk menciptakan pengelolaan dana BOS yang akuntabel dan sesuai petunjuk para bendahara di latih kecakapan manajemen. Konsep ini sejalan dengan arahan bapak Pj bupati,” ujar Akmal AH, S.Pd kepada antaran Rabu (6/3/2024) di Tapaktuan.

Baca Juga:  Bahayakan Pengguna Jalan, Satpol PP dan WH Tertibkan PKL di Kota Sinabang
Bendahara dana BOS jenjang SMP  mengikuti pelatihan manajemen pengelolaan dan pelaporan penggunaan anggaran dengan serius. ANTARAN/Istimewa.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdikbud Aceh Selatan, Amin Saleh menyebutkan, pelatihan bendahara dana BOS sangat strategis dilaksanakan untuk mencapai kompetensi pendidikan serta menghindari penyelewengan, terutama pemahaman administrasi pengelolaan dan pelaporan.

“Menindaklanjuti program pimpinan daerah, sebanyak 62 orang bendahara BOS jenjang SMP dilatih pemahaman dan penggunaan administrasi selama dua hari. Untuk mencapai hasil yang maksimal, peserta harus mengikuti dengan serius sehingga bisa menguasai semua materi yang dipapar nara sumber,” imbuh Saleh Amin.

Baca Juga:  Gubernur Kukuhkan Tiga Plt Kadis Jadi Definitif

Kegiatan pelatihan manajemen pengelolaan dana BOS ini berlangsung di Hotel Dian Rana, sejak Rabu sampai Kamis. Disdikbud Aceh Selatan menghadirkan narasumber, diantaranya; Kepala Disdikbud, Inspektorat, Perpajakan dan Instruktur ARKAS.

“Kami terus memacu penggunaan, pengelolaan dan pelaporan dana BOS sesuai aturan. Jika sudah diberikan pelatihan yang memadai, ternyata masih ada yang membandel dan dianggap sepele, maka resikonya tindakan tegas dari pimpinan daerah,” pungkas Saleh Amin. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.