HMI Cabang Meulaboh Terdaftar Sebagai Lembaga Pemantau Pemilu 2024

Pengurus HMI dan Kohati Cabang Meulaboh melaporkan diri sebagai lembaga Pemantau Pemilu 2024 di Panwaslih Aceh Barat. Foto: ANTARAN/Vazil.
Bagikan:

“Kehadiran HMI sebagai pemantau Pemilu 2024 menambah wawasan terhadap proses pesta demokrasi. Partisipasi HMI ini membangun kerjasama dan sinergitas dengan Panwaslih dalam meminimalisir potensi-potensi kerawanan,” ucap Ketua Kohati, Annisa.

Jurnalis: Vazil

ANTARAN|MEULABOH – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat mendatangi kantor Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) untuk melaporkan diri sebagai pemantau Pemilu 2024, karena telah terdaftar dan terverifikasi di Bawaslu RI.

Ketua HMI Cabang Meulaboh, Aris Munandar mengakui pihaknya telah melapor kepada Panwaslih Aceh Barat sebagai lembaga pemantau Pemilu 2024 pada Selasa (30/05/2023) kemarin. Laporan tersebut sesuai keberadaan HMI yang sudah terdaftar dan terverifikasi di Bawaslu RI.

Baca Juga:  Panwaslih : Kasus Perusak APK Ditindaklanjuti Serius, Jika Ada Bukti Autentik Diseret ke Ranah Hukum

Didampingi Ketua Kohati Annisa, lebih lanjut Aris Munandar menuturkan, selain melapor diri sebagai lembaga pemantau Pemilu, kedatangan HMI juga untuk bersilaturrahmi dan tukar pendapat (sharing of opinion).

“Kami pikir, HMI sebagai organisasi kemahasiswaan layak ikut andil memantau dan mengawal jalannya Pemilu di Aceh Barat. Sebagai generasi muda patut memperdalam wawasan di ajang pesta demokrasi,” ujar Aris Munandar kepada antaran, Rabu (31/5/2023).

Kata dia, dengan menganut prinsip dan konsep independensi secara organisatoris, HMI senantiasa terpanggil untuk partisipasi aktif, konstruktif dan koreksi agar tercapai Pemilu berkualitas, bersih, jujur dan sehat.

Baca Juga:  Program Makan Siang dan Susu Gratis Prabowo-Gibran Jadi Generator Pendongkrak Ekonomi Rakyat

Ucapan tambahan disampaikan Ketua Kohati Cabang Meulaboh, Annisa. Ia mengatakan geliat pemantau Pemilu sangat berpotensi sebagai wadah pembelajaran. Nantinya kita petik pengalaman bagaimana menyukseskan pesta demokrasi agar dapat berjalan kondusif, ungkap Annisa.

“Kehadiran HMI sebagai pemantau Pemilu 2024 menambah wawasan terhadap proses pesta demokrasi. Partisipasi HMI ini membangun kerjasama dan sinergitas dengan Panwaslih dalam meminimalisir potensi-potensi kerawanan,” ucap Ketua Kohati, Annisa.

Komisioner Panwaslih Aceh Barat menyambut baik kedatangan pengurus HMI Cabang Meulaboh dalam rangka mendaftarkan diri sebagai Pemantau Pemilu. Generasi muda selaku penerus bangsa perlu ikut, turut dan ambil andil di perhelatan Pemilu.

Baca Juga:  Sambut Hut Bhayangkara ke-77 dan Pemilu 2024, Aparat Desa dan Warga Sambay Perbaiki Pos Kamling

“Kehadiran kelompok masyarakat dan mahasiswa seperti HMI sebagai Pemantau Pemilu sangat membantu kerja Panwaslih. Hal ini diatur dalam Undang-undang Pemilu,” papar Bakhtiar.

Sebenarnya, tambah Bakhtiar,
pelaksanaan tugas Pengawas memang butuh partisipasi masyarakat, sehingga dapat memaksimalkan pengawalan tahapan dengan baik dan berjalan menurut aturan.

“Harapan kami, dengan adanya gerakan kelompok mahasiswa seperti HMI dapat mewujudkan pemilu yang sehat, berkualitas dan sukses tanpa gejolak,” tutup Bakhtiar. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.