Hujan Deras, Jembatan Lawe Simeulue Tergenang Banjir

Kondisi saat warga melintasi jembatan Sungai Dila Desa Panton Lawe, Kecamatan Salang, Kabupaten Simeulue Pada Rabu (20/09/2023). ANTARAN / Ardiansyah
Bagikan:

“Akibat luapan air dari hulu sungai, jembatan ini tergenang dan susah dilewati,” kata Iksan. 

Jurnalis : Ardiansyah

ANTARAN|SIMEULUE – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Simeulue sejak Selasa (19/09/2023) malam hingga Selasa sore, mengakibatkan debit air meluap hingga membuat jembatan di Desa Panton Lawe, Kecamatan Salang  Kabupaten Simeulue tergenang banjir dan susah dilewati.

Air yang mengenang jembatan ini merupakan luapan sungai yang tidak dapat menampung debit air yang kian besar pasca hujan yang terus mengguyur.

Baca Juga:  Hasil Temuan Tim ESN, Krueng Sarulah Terkontaminasi Mikroplastik

Warga setempat, Muhammad Ikhsan mengatakan, mulai sore jembatan ini sudah tertutup banjir yang diduga kiriman dari hulu sungai pasca hujan deras. “Akibat luapan air dari hulu sungai, jembatan ini tergenang dan susah dilewati,” kata Iksan Rabu (20/09/2023).

Untuk melewati jembatan, kata dia, harus menggunakan bantuan dari warga dan yang bisa lewat hanya pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

“Kalau mau lewat dibantu warga, ongkosnya Rp 10 sampai dengan Rp 15 ribu rupiah. Kendaraan roda dua diangkat oleh empat sampai 5 orang. Tentu kita berharap jembatan ini cepat dibangun,” ucapnya.

Baca Juga:  Polisi Bekuk Tiga Pengedar Sabu di Agara

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue Zulfadli mengatakan, terkait penanganan darurat jembatan Bailey sungai Dila di Desa Panton Lawe ini sebelumnya BPBD sudah merencanakan akan melakukan penanganan darurat bahkan untuk material sudah berada di lokasi.

Namun, karena disebabkan alat berat (Beko) BPBD mengalami jatuh ke dalam sungai Desa Lalla Bahagia akibat jembatannya ambruk, maka untuk penanganan jembatan sungai Dila masih menunggu alat berat bisa digunakan kembali.

Baca Juga:  Hasrul Hasan Kembali Jabat Ketua Kadin Abdya

“Kalau untuk menyewa alat berat kan mahal terpaksa kita tunggu alat berat dari BPBD sendiri setelah nanti sudah ada alat berat baru dilakukan penanganan darurat dan untuk material jembatan Bailey Sungai Dila itu rangka baja jembatan yang dari Desa Ganting,” kata Kepala BPBD Simeulue Zulfadli.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.