HUT IWAPI Ke 47, Perempuan Aceh Selatan Terus Bangkit dan Maju, Demi Pemulihan Ekonomi Nasional

Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Ke 47, berbagai rangkaian kegiatan diselenggara IWAPI Cabang Aceh Selatan, dengan mengangkat tema "Semangat inovasi, inklusif, mendorong perempuan pengusaha dalam pemulihan ekonomi Nasional menuju Indonesia maju,". IST
Bagikan:

ANTARANNEWS.COM, TAPAKTUAN – Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Ke 47, berbagai rangkaian kegiatan diselenggara IWAPI Cabang Aceh Selatan, dengan mengangkat tema “Semangat inovasi, inklusif, mendorong perempuan pengusaha dalam pemulihan ekonomi Nasional menuju Indonesia maju,”.

HUT IWAPI ke 47 tersebut digelar secara Virtual-Zoom meeting, bersama DPP, DPD dan DPC IWAPI seluruh Indonesia. Di Aceh Selatan sendiri acara HUT IWAPI dipusatkan di Cafee Sawung Bambu Koki Aceh, Tapaktuan, Sabtu (12/2/2022).

Ketua DPC IWAPI Cabang Aceh Selatan, Novi Rosmita, SE, M.Kes mengatakan IWAPI yang lahir sejak 10 Februari 1975, semakin memainkan peran penting dalam meningkatkan ekonomi keluarga, bisnis usaha kecil menengah dan membantu mengembangkan perekonomian Negara.

“Sejalan dengan visi dan misi IWAPI untuk menjadi perempuan pengusaha Indonesia yang kuat ditingkat Nasional maupun Internasional dan untuk memberdayakan, memperkuat UKM, meningkatkan kemampuan serta untuk mendapatkan akses teknologi digitalisasi baru dibidang pemasaran dan keuangan,” katanya.

Baca Juga:  Wartawan Perlu Kritis atau Krisis?

IWAPI memiliki tujuan, melakukan pemberdayaan perempuan Indonesia, khususnya di Aceh Selatan, agar menjadi pengusaha wanita tangguh dan mandiri, dengan memberi akses informasi, edukasi dan pelatihan tentang kelembagaan keuangan.

“Menjaga dan meningkatkan eksistensi melalui kolaboratif dengan mendorong wanita pengusaha di Aceh Selatan dalam pemulihan ekonomi. Harapannya, perempuan terus bangkit dan maju. Jadikan kekuatan dahsyat pada diri sendiri lewat dunia usaha, agar perubahan pendapatan ekonomi meningkat,” paparnya.

Novi Rosmita, perempuan entrepreneur yang pernah raih Women Excellence Award 2021 tersebut, mengajak kaum perempuan untuk mandiri secara, utamanya di Aceh Selatan melalui IWAPI ini diharapkan menjadi sebuah kekuatan besar untuk berdayaguna saing, siiring dengan tuntutan global digitalisasi.

Baca Juga:  Sampan Ditemukan Terdampar, Nelayan Sinabang Diduga Hilang di Laut

“Menjadikan agen perubahan untuk diri sendiri, sehingga dapat menjadi pengusaha yang lebih baik dan juga selalu inten melakukan kerjasama, berkolaborasi dengan sector swasta, instansi pemerintah dan lembaga nirlaba lainnya,” ujar Novi.

Pada kesempatan itu, Ia berharap kaum perempuan harus aktif dalam mengisi pembangunan daerah melalui dunia usaha, lewat karya dan tugas itu bagian pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, terutama daerah Aceh Selatan tercinta.

“Terus meningkatkan kerjasama bisnis, antara anggota dan jaringan luas, keberbagai bidang dunia usaha dengan pengusaha global serta mampu mengembangkan dan mempromosi kepasar dunia,” ucapnya.

Novi Rosmita menambahkan, dihari HUT ini, seluruh jajaran pengurus IWAPI Aceh Selatan yang hadir sebanyak 110 orang. Pada kesempatan itu pihaknya turut memberikan bingkisan atau bantuan dengan membagi paket makanan 200 kotak, kepada pedagang usaha mikro kecil dipasar inpres Tapaktuan dan sekaligus memberi santunan kepada 30 orang anak yatim.

Baca Juga:  SKB Tangan-Tangan Abdya tak Tersentuh Pemeliharaan

“Apa yang dilakukan IWAPI Cabang Aceh Selatan ini menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat yang saat ini berjuang menghadapi masa sulit selama pandemi. Alhamdulillah pada HUT ini kita dapat saling berbagi,” tuturnya.

Disela pembagian paket tersebut Novi Rosmita menyapa para pedagang dan memberi semangat dalam berusaha atau berdagang. “Memang penurunan daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM),” ungkapnya.

Ia berharap Pemerintah daerah terus mendorong peningkatan ekonomi dan menfasilitasi serta membuka peluang bagi UMKM, agar semakin semangat dalam usaha. “Terima kasih pada kita semua yang telah mensukseskan HUT IWAPI ke 47 ini. IWAPI mantap, Aceh Selatan Rancak Bana,” pungkas Novi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.