Ikuti Penas Petani Nelayan 2023, Pengurus KTNA Subulussalam Gelar Rembug Internal

Suasana Rembug Internal KTNA Kota Subulussalam di Saung Tani, Kampong Suka Makmur, Kecamatan Simpang Kiri. ANTARAN / Khairul
Bagikan:

“Jangan sekedar ikut terkesan lebih fokus jalan-jalan. Momen Penas ini adalah untuk menambah pengetahuan petani, pekebun sehingga diharapkan semua utusan benar-benar dan serius mengikuti agenda Penas yang sudah diatur,” tegas Joka didampingi Sekretaris, Hotlin Hasibuan.

Jurnalis : Khairul

ANTARAN|SUBULUSSALAM – Jadwalkan mengikuti Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan ke -16, 10 s/d 15 Juni 2023 di Padang, Sumbar, Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Subulussalam gelar rembug internal di Kampong Suka Makmur, Kecamatan Simpang Kiri, Minggu (04/06/2023).

Ketua KTNA Kota Subulussalam, H. Abdul Hamid Padang Joka memimpin rembug menjelaskan rangkaian agenda Penas hingga penutupan. Dia berharap semua peserta bisa berkontribusi pada agenda pertemuan tiga tahunan petani di sana.

Baca Juga:  Asisten Perekonomian dan Pembangunan Buka FGD UPTD Pengelola Limbah Domestik

“Jangan sekedar ikut terkesan lebih fokus jalan-jalan. Momen Penas ini adalah untuk menambah pengetahuan petani, pekebun sehingga diharapkan semua utusan benar-benar dan serius mengikuti agenda Penas yang sudah diatur,” tegas Joka didampingi Sekretaris, Hotlin Hasibuan.

Dikatakan, Penas merupakan forum pertemuan petani nelayan dan petani hutan, wadah kegiatan belajar mengajar, tukar menukar informasi, pengalaman, pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama antar petani nelayan dan petani hutan, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah agar dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab, kemandirian petani sebagai pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Baca Juga:  Orprof Guru Diharapkan Bersinergitas Majukan Pendidikan

Seperti surat Ketua Umum Panitia Penyelenggara, Ir. HM Yadi Sofyan Noor, SH, 16 Mei 2023, rangkaian Penas Petani Nelayan diselenggarakan 10 s/d 15 Juni 2023 di Lapangan Udara Sutan Syahrir, Kelurahan Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumbar.

Diperkirakan 40-an ribu peserta, terdiri dari perwakilan petani nelayan se-Indonesia, petani Asean dan mitra Asean, asosiasi dan organisasi profesi pertanian, penyuluh, aparatur dan pemangku kepentingan lain.

Khusus agenda rembug utama kelompok KTNA Nasional Penas petani nelayan ke-16, 8 s/d 9 Juni 2023, digelar di Auditorium Univ. Negeri Padang, meliputi pembukaan dan sambutan Ketua Umum Kelompok KTNA Nasional, Gubernur Sumbar, arahan dan membuka resmi rembug oleh Menteri Pertanian.

Baca Juga:  Kwarcab Aceh Selatan Hadiri Jambore Nasional XI

Lalu agenda 9 Juni 2023, pendaftaran, pemaparan, pemilihan dan keputusan penetapan calon lokasi Penas Petani Nelayan ke-17 oleh perwakilan Provinsi Calon Tuan Rumah. Penutupan rembug dan Gladi Bersih Persiapan Pembukaan Penas ke-16 2023 dijadwalkan akan dibuka Presiden RI, 10 Juni 2023.

Menurut Joka, unsur Ketua KTNA harus mengikuti rangkaian rembug utama karena sekaligus sebagai unsur panitia. Dirinya dan sejumlah anggota KTNA lebih dahulu berangkat, Selasa (6/6/2023), disusul peserta Penas, Kamis (8/6/2023).(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.