Ini Partai Politik Yang Tidak Ikut Bertarung Rebut Kursi DPRK Abdya

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Seliah. ANTARAN/Foto: Ist
Bagikan:

“Hanya 21 partai politik yang sudah mendaftar Bacalegnya. Ada tiga partai yang tidak mendaftar. Tiga partai itu yakni Perindo, Garuda dan Partai SIRA,” sebutnya.

Jurnalis : Syamsurizal

ANTARAN|BLANGPIDIE – Hingga jadwal penyerahan berkas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Pemilu 2024 ditutup, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya mencatat sebanyak 3 Partai Politik tidak mengantar berkas petarungnya.

Dari tiga partai itu, dua diantaranya partai Nasional yakni partai Perindo dan parta Garuda. Selanjutnya, ada Partai Lokal Aceh, yakni Partai SIRA.

Meski ikut ambil andil dalam pesta demokrasi lima tahunan di Abdya, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa (Partai Gabthat) tidak mengambil kuota 120 persen atau 30 nama Bacaleg seperti keistimewaan yang diberikan untuk Partai Lokal Aceh. Pasalnya, partai ini hanya mendaftarkan 5 Bacaleg saja.

Baca Juga:  Persiapkan Even POPDA XVII 2024, Dispora Aceh Selatan Seleksi Atlet Secara Terbuka

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya, Seliah membenarkan itu. Dia mengatakan, jumlah partai yang sudah mendaftarkan Bacalegnya ke KIP Abdya hingga jadwal ditutup ada sebanyak 21 partai baik partai lokal maupun partai nasional.

“Hanya 21 partai politik yang sudah mendaftar Bacalegnya. Ada tiga partai yang tidak mendaftar. Tiga partai itu yakni Perindo, Garuda dan Partai SIRA,” sebutnya.

Baca Juga:  Anggota DPRK Agara Pertanyakan Demo AMAT

Dirincikan, partai yang sudah mendaftarkan Bacalegnya yakni Partai Hanura, PKS, PAN, Nasdem, PKB, Golkar, Partai Demokrat, PPP, Partai Gerindra, PDI-P, Partai Ummat, Partai Gelora, Partai PBB, PSI, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Buruh, PA, PNA, PAS, PDA dan Partai Gabthat.

Meski mendaftarkan Bacaleg, namun ada juga partai yang tidak memenuhi kuota 100 persen. Ini seperti Partai PBB, yang hanya mengajukan 22 Bacaleg dari kuota 25, PSI 15 Bacaleg dari 25 kuota Partai Buruh 14 Bacaleg dari 225 kuota dan PKN 3 Bacaleg dari 25 kuota.

Baca Juga:  Dewan Dukung Program Tiga Kali Panen Padi Setahun

Tambahnya, juga ada partai Lokal Aceh yang tidak memenuhi kuota 120 persen. Partai ini adalah, Partai PAS yang hanya mengajukan 29 Bacaleg dari kuota 30, Partai PDA mengajukan 27 Bacaleg dan Partai Gabthat hanya mengajukan 5 Bacaleg.

“Jadi jumlah total Caleg yang akan bertarung di Pileg 2024 mendatang dan sudah tercatat di KIP Abdya berjumlah 475 orang dengan rincian 168 keterwakilan perempuan dan 307 laki-laki,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.