Inspirasi Juara Umum PKA, Pj Bupati Aceh Selatan Fokus Kembalikan Kejayaan Pala

Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S. STP dan Plt Sekda, Ilham Syahputra, S. STP, M. Si saat rapat koordinasi dengan OPD dan pakar penangkaran Cem Pala untuk mengatasi hama penyakit pala. ANTARAN/Sudirman Hamid.
Bagikan:

“Kita harus benar-benar mengembalikan masa kejayaan pala dan komoditi rempah-rempah lainnya di Aceh Selatan. Saya berkomitmen dan siap bekerja keras,” kata Cut Syazalisma.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Terinspirasi dari kesuksesan meraih Juara Umum Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) -8, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan menggalang kekuatan, menggagas dan menginstruksi Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk fokus membenahi penyakit pala dan budidaya rempah-rempah.

Pernyataan tersebut disampaikan Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S. STP usai menggelar rapat koordinasi tentang memulihkan penyakit pala dan menggalakan tanaman rempah-rempah di bumi Teungku Cut Ali hingga mencapai kejayaan masa lalu.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Bank Mega Syariah Terbaru 2022

“Kita harus benar-benar mengembalikan masa kejayaan pala dan komoditi rempah-rempah lainnya di Aceh Selatan. Saya berkomitmen dan siap bekerja keras,” kata Cut Syazalisma kepada antaran, Senin (20/11/2023) di Pendopo jalan Nyak Adam Kamil, Tapaktuan.

Ia menambahkan, jika leading sektor (pucuk pimpinan) sudah berkomitmen, maka dinas terkait dan jajaran tidak ada main-main untuk mengakomodir program perioritas ini. Kami terus mengevaluasi setiap perkembangan di lapangan.

“Target awal, diupayakan penangkaran burung Cem Pala (Murai) agar berkembang dengan baik dan dilarang di tangkap. Payung hukumnya akan dibuat khusus Qanun, baik di tingkat kabupaten maupun gampong,” papar Pj Bupati.

Baca Juga:  TDC dan BPBD Asel Bersihkan Sisa Kayu Dibawah Laut Mesjid Apung Tapaktuan

Menurut Cut Syazalisma, Cem Pala salah satu predator (pemangsa) ulat penggerek batang pada tumbuhan pala. Cara lain, petani dihimbau menanami Lada, Kunyit dan rempah-rempah lainnya secara tumpang sari agar areal perkebunan pala selalu bersih dan terawat.

“Saatnya kita upayakan mengembalikan masa kejayaan pala yang tidak mengenal krisis moneter di era tahun 1998 lalu. Prospek ini akan terwujud apabila semua pihak berkomitmen dan mendapat dukungan dari semua pihak,” imbuh Cut Syazalisma.

Menyahuti rencana ini, kata Cut Syazalisma, Pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian sudah menggagas sejumlah program pada tahun 2024, termasuk alokasi anggaran tentang penuntasan hama, pembibitan, pemupukan hingga penangkaran Cem Pala.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pakar penangkaran burung Murai, sekaligus konsultasi kiat-kiat yang dilakukan untuk membudidaya burung yang mulai langka tersebut,” ulasnya.

Baca Juga:  Pj Bupati Sampaikan Lima Raqan Kepada DPRK Nagan Raya

Selebihnya, pemerintah daerah terus berkomunikasi dengan Balai-Balai penelitian pengobatan pertanian dan tanaman rempah-rempah di seluruh Indonesia. Sehingga dapat menghasilkan solusi yang ampuh.

“Apabila Pala tumbuh subur, maka kemakmuran dan perekonomian rakyat lebih terjamin. Sektor ini merupakan impian masyarakat luas di Aceh Selatan. Momen juara umum PKA kita jadikan cemeti untuk berkiprah dan bangkit merajut kejayaan,” pungkas Cut Syazalisma.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.