Jaksa Agung Lakukan Mutasi, Muhibuddin Jadi Wakajati Aceh

Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh. Foto koranpelita.co
Bagikan:

* Sejumlah Kajari Diganti

“Bedasarkan informasi yang kami terima iya. Tetapi secara resminya kita belum terima telegramnya dari Kejaksaan Agung terkait mutasi tersebut,” katanya singkat.

Jurnalis : Suprijal Yusuf

ANTARAN|BANDA ACEH – Jaksa Agung Republik Indonesia (RI), Dr ST Burhanuddin SH kembali melakukan mutasi dijajaran kejaksaan. Kali ini, Muhibuddin SH dipercayakan sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Aceh menggantikan, Rudy Irmawan yang digeser menjadi Wakajati Sumatera Utara (Sumut).

Dalam mutasi kali ini, Jaksa Agung juga melakukan rotasi sejumlah Kepala Kejaksaan Negeri di lingkungan Kejaksaan Tinggi Aceh meliputi, Banda Aceh, Aceh Tengah, Aceh Selatan, Abdya, Aceh Tamiang, Aceh Jaya, Pidie, dan Lhokseumawe. Termasuk Asisiten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kajati Aceh juga diganti.

Kasie Penkum/Humas Kejati Aceh, Ali Rasab Lubis SH yang dikonfrimasi Antaran, Rabu (22/05/2024) malam, terkait kabar mutasi tersebut tidak membatah. “Bedasarkan informasi yang kami terima iya. Tetapi secara resminya kita belum terima telegramnya dari Kejaksaan Agung terkait mutasi tersebut,” katanya singkat.

Baca Juga:  Pemkab Gelar Musrenbang RKPD 2023 Kabupaten Aceh Selatan

Berdasarkan informasi yang diperoleh, mutasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Jaksa Agung Nomor: 121 Tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan struktural PNS Kejaksaan RI.

Dalam SK tersebut disebutkan, Muhibuddin SH MH promosi menjadi Wakajati Aceh menggantikan pejabat lama, Rudy Irmawan. Muhibuddin yang pernah menjabat Kasie Pidum pada Kejari Banda Aceh sekitar 2003-2005, sebelumnya sebagai Koordinator pada Jaksa Agung Muda bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejagung.

Sedangkan, Rudy Irmawan digeser menjadi Wakajati Sumut. Begitu juga posisi Asiten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejati Aceh juga diganti dari pejabat lama, Djamluddin SH kepada Amru Eryandi Siregar.

Kemudian, dalam mutasi kali ini Jaksa Agung juga menggantikan delapan Kajari di Aceh. Yaitu, Suheri SH menjadi Kajari Banda Aceh menggantikan Irwansyah SH yang diangkat menjadi Kepala Subdirektorat Penuntutan pada Direktorat Pelanggaran Hak Asasi Manusia Berat pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus).

Baca Juga:  Terkait Penanganan Karhutla, Polres Aceh Selatan Gelar Rapat Koordinasi

Sedangkan, Suheri yang akan menjabat Kajari Banda Aceh sebelumnya bertugas di Kejagung sebagai Kepala Subdirektorat Pendampingan dan Audit Hukum pada Direktorat Pertimbangan Hukum Jaksa Agung Muda bidang Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Kajari Aceh Selatan akan ditempati, R Indra Senjaya SH menggantikan, Heru Anggoro SH yang dimutasi menjadi Kajari Muaro Jambi. R Indra Senjaya sebelumnya menjabat Koordinator pada Kejati Kepulauan Riau.

Lalu, Bima Yudha Asmara SH akan menjadi Kajari Aceh Barat Daya (Abdya) menggantikan pejabat lama, Heru Widjatmiko SH yang digeser menjadi Kajari Tasikmalaya, Jawa Barat. Sedangkan Bima Yudha Asmara sebelumnya menjabat sebagai Koordinator pada Kejati Papua Barat.

Kemudian Jaksa Agung mempromosikan, Yudhi Syufriadi SH menjadi Kajari Aceh Tamiang, menggantikan Joko Wibisono. Yudhi Syufriadi sebelumnya menjabat Kepala Bagian Tata Usaha pada Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi Kejagung.

Baca Juga:  Polisi Kembali Amankan Pemilik Sabu di Agara

Begitu juga, Suhedra SH yang sebelumnya menjabat sebagai Asdatun pada Kejati Papua dimutasi menjadi Kajari Pidie, menggantikan pejabat lama, Ibnu Firman Ide Amin SH.

Jaksa Agung juga mempromosikan, Feri Muhapir SH sebagai Kajari Lhokseumawe, menggantikan, Lalu Syaifudin SH. Feri Muhapir sebelumnya menjabat Kepala Bagian Tata Usaha Pengelolaan Pengamanan dan Pengawalan pada Sekretariat Jaksa Agung Muda Pidana Militer Kejagung.

Posisi, Yovandi Yazid SH yang sebelumnya menjabat Kajari Aceh Tengah digeser menjadi Kajari Berau di Tanjung Redeb. Untuk Kajari Aceh Tengah yang baru akan ditempati, Andi SH yang sebelumnya menjabat Koordinator pada Kejati Kepulauan Bangka Belitung di Pangkalan Pinang.

Kajari Aceh Jaya yang kini dijabat oleh Adam Ohoiled SH akan digantikan oleh Mohammad Anggidigodo SH yang sebelumnya Koordinator pada Kejati Aceh. Sedangkan, Adam Ohoiled akan menjabat tugas baru sebagai Kajari Tual, Maluku.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.