Jalan Menuju Sentra Pertanian Jabo Blangkejeren Ditingkatkan

Jalan menuju ke sentra pertanian Jabo, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues mulai ditingkatkan. ANTARAN / Bayu Y
Bagikan:

“Padahal akses jalan sangat dibutuhkan oleh para petani dalam meningkatkan hasil produksi. Dengan pengaspalan akan memudahkan petani Bur Jabo untuk mengakut hasil ke pusat pasar yang berjarak sekira 7 km,” kata Julkipli.

Jurnalis : Bayu Y

ANTARAN|BLANGKEJEREN – Akhirnya jalan menuju ke sentra pertanian Jabo, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues ditingkatkan. Jalan yang sebelumnya hanya sebatas pengerasan kini akan ditingkatkan menjadi aspal Hotmic oleh Dinas PUPR Gayo Lues.

Akses jalan menuju sentra pertanian dari Desa Lempu ke Jabo ini menjadi harapan masyarakat Blangkejeren sejak lama. Sebab jalan tersebut bukan hanya milik masyarakat Desa Lempuh dan Jabo saja tetapi sebagian masyarakat Kecamatan Blangkejeren berkebun di Bur Jabo.

Baca Juga:  MCS BPJS di Abdya Berikan Pelayanan Hingga Pelosok Gampong

Sentra perkebunan ini merupakan penghasil kopi, kakao, sere, dan tanaman muda seperti cabe dan jagung. Selama ini petani sangat kesulitan untuk mengangkut hasil perkebunan karena kondisi jalan yang hanya pengerasan, bila musim hujan sulit dilalui apalagi jalan pegunungan dengan kultur naik turun.

Bedil (42), salah satu petani di Jabo Jumat (03/05/2024) mengatakan sangat bersyukur dengan peningkatan jalan menuju sentra pertanian Bur Jabo. Sejauh ini dirinya sangat kesulitan untuk mengangkut hasil panen kopi, karena kondisi jalan menjadi licin bila musim hujan datang.

Senada dengan Bedil, petani lainya Julkipli (43) menyebutkan, pengaspalan jalan tersebut sudah menjadi harapan masyarakat petani di Bur Jabo, sebab sudah bertahun jalan itu tidak di tingkatkan.

Baca Juga:  Lisa Elfirasman Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRK Aceh Selatan, Gantikan Adi Samridha

“Padahal akses jalan sangat dibutuhkan oleh para petani dalam meningkatkan hasil produksi. Dengan pengaspalan akan memudahkan petani Bur Jabo untuk mengakut hasil ke pusat pasar yang berjarak sekira 7 km,” kata Julkipli.

Terkait dengan Peningkatan Jalan menuju sentra pertanian Bur Jabo, Kadis PUPR Gayo Lues Jakaria S.Hut, MP menyebutkan, peningkatan jalan Lempuh Bur Jabo merupakan harapan masyarakat di Kecamatan Blangkejeren. Apalagi, jalan tersebut sudah sangat lama belum ditingkatkan.

“Jalan menjadi sulit untuk di lalui, guna membantu petani dan mendorong peningkatan produksi pertanian jalan kita tingkatkan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Manunggal Dengan Rakyat, Koramil 09/Trumon Karya Bhakti Pengecatan di TPA Al-Ikhlas Krueng Luas

Ia juga menjelaskan, peningkatan jalan ruas Lempuh menuju sentra pertanian Jabo ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan dana yang ada. Untuk tahun ini pengaspalan sepanjang 1 km lebih. “Tidak semua jalan di ruas jabo bisa di aspal mengingat ruas jalan tersebut sebagian masuk dalam hutan lindung,” terangnya.

Selain ruas Lempu -Jabo, lanjutnya, drainase Sesa Lempuh, Kecamatan Blangkejeren juga di perbaiki, karena sejauh ini dranase desa tidak memadai sehingga banyak parit tersumbat dan rusak parah. “Perbaikan satu paket dengan ruas jalan Jabo,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.