Jelang Upacara HUT RI ke-78, Kesiapan Pasukan Paskibraka Abdya Dimatangkan

Pasukan Paskibraka Abdya sedang mengikuti latihan di Persada Blangpidie. ANTARAN / Syamsurizal.
Bagikan:

“Tim pelatih terus mematangkan kesiapan pasukan menjelang hari H. Kita punya waktu sampai 15 Agustus untuk mematangkan kesiapan pasukan,” kata Azhar. 

Jurnalis : Syamsurizal

ANTARAN|BLANGPIDIE – Kesiapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terus dimatangkan menjelang pelaksanaan upacara bendera pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten (Disdikbud) Abdya, Gusvizarni S.Pd melalui Plt Kabid Kebudayaan, pemuda dan olah raga Azhar S.IP mengatakan, tim pelatih yakni dari unsur TNI-Polri, Pemkab Abdya dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) terus mematangkan kesiapan pasukan.

“Tim pelatih terus mematangkan kesiapan pasukan menjelang hari H. Kita punya waktu sampai 15 Agustus untuk mematangkan kesiapan pasukan,” kata Azhar di Persada Blangpidie, Kamis (3/8/2023) jelang siang.

Baca Juga:  Harga Minyak Goreng Mulai Naik Rp 17.000/Liter

Dia menjelaskan, panitia rekrutmen membuka lebar kesempatan untuk semua putra-putri terbaik Abdya tingkat SMA sederajat mulai dari kelas 10 sampai 12 untuk menjadi bagian dari Paskibraka tahun ini, hal ini terbukti dari banyaknya yang mendaftar.

“Ada sebanyak 248 putra dan putri yang mendaftar, dengan rincian 131 pendaftar putra dan 117 putri. Setelah diseleksi, yang lulus hanya 40 putra dan 28 putri berasal dari 11 sekolah dari awalnya 12,” ucapnya.

Baca Juga:  Pemkab Abdya Bagikan 22.100 Bendera ke Seluruh Pelosok

Untuk materi pelatihan, Azhar menjelaskan bahwa selain melatih PBB, pasukan juga ditempa tentang wawasan kebangsaan, ideologi pancasila, disiplin serta kekompakan dan kerja sama yang baik karena keberhasilan pasukan adalah keberhasilan bersama.

“Ada banyak hal yang diberikan oleh para pelatih, jadi tidak hanya PBB saja, ada juga terkait membangun karakter ideologi pancasila kepada kepada seluruh calon Paskibraka dan kegiatan ini bekerjasama dengan pihak Kesbangpol, yakni terkait ideologi pancasila,” sebutnya.

Salah satu calon Paskibraka Abdya dari MAN Abdya, M. Sultan Fartino mengaku bersyukur bisa berkesempatan menjadi Paskibraka Abdya tahun ini. Dia mengaku akan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga:  KIP Aceh Selatan Sudah Membayar Biaya Transportasi 4.879 KPPS

“Alhamdulillah bisa berkesempatan menjadi bagian dari Paskibraka Abdya tahun ini, tentu ini kesempatan yang bagus, sejalan dengan cita-cita saya yang ingin menjadi polisi,” ucapnya.

Menjadi bagian dari Paskibraka, lanjutnya, tentu banyak ilmu yang didapat baik itu tentang PBB, kedisiplinan, kekompakan dan karakter diri yang untuk modal awal menggapai cita-cita nanti.

“Saya bercita-cita ingin jadi polisi. PBB dan ilmu-ilmu yang saya dapat disini tentu sangat bermanfaat. Kalau soal kesulitan, saya rasa tidak ada yang berarti, karena semua bisa dijalani dengan semangat,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.