Kadin Dorong Pemkab Simeulue Percepat Umumkan Tender Proyek

Ketua KADIN Simeulue Ir. Iskandar saat bertemu dengan PJ Bupati Simeulue di ruang kerjanya, Rabu (25/01/2023). Foto Istimewa
Bagikan:

Jurnalis : Ardiansyan

ANTARANNEWS.COM|SIMEULUE – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Simeulue mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat agar mempercepat pengumuman tender proyek tahun anggaran 2023.

Kadin juga berharap pengumuman sistem online di LPSE Kabupaten Simeulue, bisa dilaksanakan secara serentak, tidak parsial atau bertahap-tahap melalui Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ).

Saat konfirmasi wartawan, Kamis (26/01/2023), Ketua Kadin Simeulue, Ir Iskandar menyampaikan bahwa pihaknya sudah audensi dengan Pj Bupati Simeulue pada Rabu (25/01/2023) terkait pengumuman tender proyek tahun 2023 di LPSE.

“Kadin Simeulue mendorong Pemerintah Kabupaten Simeulue agar pelaksanaan tender proyek tahun 2023 di umumkan lebih cepat dan secara serentak tidak parsial atau bertahap-tahap melalui Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ),” paparnya.

Karena, lanjutnya, dengan di umumkan secara serentak, maka calon penguna jasa atau rekanan mendapat informasi maksimal terhadap jumlah paket-paket pekerjaan yang akan dilelang, sehingga calon penyedia jasa dapat mempersiapkan persyaratan sesuai ketentuan.

Baca Juga:  Alhudri Apresiasi Kinerja Jajaran Mahkamah Agung di Gayo Lues

“Sebagai mana diatur dalam Perpres Nomor 16 tahun 2018 dan Perpres nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Peraturan LKPP nomor 12 tahun 2021, tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Melalui Penyedia,” jelas Iskandar.

Dalam audensi tersebut, lanjut Ketua Kadin Simeulue, PJ Bupati Simeulue memberi respon yang sangat baik dan sependapat agar pelelangan atau tender proyek bisa dipercepat. “Antara lain memberikan waktu yang cukup kepada rekanan bekerja dengan hasil yang berkualitas,” paparnya.

Selain itu, lanjut Iskandar, percepatan pelaksanaan proyek juga akan sangat membantu perputaran uang di daerah dan ikut meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga progres pelaporan pekerjaan fisik dan Non fisik oleh Pemerintah Kabupaten Simeulue dapat terukur.

Baca Juga:  Portalislam.com jadi Sumber Terpercaya Perdalam Agama Islam Sesuai Qur’an dan Sunnah

“Disisi lain dengan penayangan tender serentak dapat menciptakan rasa keadilan untuk mengikuti pelelangan secara profesional untuk mewujudkan kompetisi lelang yang fair dan menghindari persaingan yang tidak sehat,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua ULP Kabupaten Simeulue, Tamsil yang dikonfirmasi via WhatsApp terkait percepatan tender 2023 dan penayangannya dilakukan secara serentak tidak parsial mengaku sangat setuju.

“Tetapi kita harus mengacu kepada kesiapan document tender dari SKPK, karena beberapa SKPK yang telah kita hubungi masih ada juga perencanaan ditahun ini, sementara kami (UKPBJ) sudah pernah bersurat ke SKPK di tahun 2022,” ungkapnya.

Jadi, lanjutnya, jika menunggu perencanaan  dikerjakan dulu kapan bisa proses laksanakan tender, sementara ada paket lain yang documentnya sudah lengkap dan sifatnya mendesak harus segera dilaksanakan.

Baca Juga:  Warga di Pedalaman Aceh Selatan Digegerkan Penemuan Tulang Belulang Manusia

“Sementara yang lain bisa menyesuaikan. Mana yang sudah siap documentnya dan telah memenuhi syarat segera kita laksanakan, karena sehubungan dengan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), kalau secara serentak siapa yang menanganinya, karena saat ini kita hanya memiliki tiga pejabat fungsional,” jelasnya.

Diungkapkannya, sebenarnya pihaknya ingin di bulan Januari dan Februari 2023 ini selesai semua proses tender, sehingga tinggal proses pelaksanaan fisik di lapangan.

“Kembali kepada kesiapan document, karena masih ada juga perencanaan yang anggarannya pada tahun ini juga, butuh satu dua bulan baru ada produk sementara personil terbatas dan kita juga keterbatasan SDM. Pada intinya kembali ke SKPK – SKPK  sejauh mana kesiapannya untuk mempersiapkan secara lengkap documentnya untuk di lelang. Sampai hari ini baru tiga SKPK yang baru menyerahkan documentnya untuk kita tayang,”tutup Tamsil.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.