Kafilah MTQ Abdya Tingkat Provinsi Aceh Dilepas

MTQ: Kafilah MTQ Abdya, Rabu (22/11/2023) dilepas keberangkatannya. Prosesi pelepasan itu berlangsung di Masjid Agung Baitul Ghafur Abdya yang dipimpin langsung Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM. ANTARAN / Agus 
Bagikan:

“Dalam mengikuti MTQ tingkat Provinsi Aceh yang ke 36 di Kabupaten Simeulue ini, Pemkab Abdya dan LPTQ tentunya sudah memiliki target yang ingin dicapai,” ungkapnya.

Jurnalis : Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE – Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Aceh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (22/11/2023) dilepas keberangkatannya. Prosesi pelepasan itu berlangsung di Masjid Agung Baitul Ghafur Abdya yang dipimpin langsung Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Abdya memberikan apresiasi kepada kafilah MTQ Abdya dan tetap menjaga kesehatan selama berjuang dalam meraih prestasi yang dapat mengantarkan para kafilah menjadi yang terbaik serta dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Abdya.

Dikesempatan itu, dia juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pengurus LPTQ Abdya atas komitmen, dedikasi dan segala ikhtiar yang telah diberikan kepada qari-qariah, dan hafizh-hafizhah, serta seluruh kafilah MTQ dalam rangka meningkatkan kualitas keagamaan, mental dan spritualnya untuk persiapan mengikuti MTQ ke 36 tingkat Provinsi Aceh di Kabupaten Simeulue.

Baca Juga:  Ketua KIP Aceh Supervisi Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pemilu Aceh Selatan

Ajang MTQ ini merupakan salah satu antisipasi bersama untuk selalu memasyarakatkan, dan menggelorakan upaya pencegahan dan menghindarkan masyarakat terutama generasi muda agar tidak tumbuh dan besar dalam suasana yang tidak Islami.

Namun tentunya semua berharap membaca Alquran tidak hanya dilakukan ketika akan ada perlombaan atau sayembara saja, akan tetapi hendaknya Alquran dapat dibaca serta diamalkan setiap hari dalam kehidupan.

MTQ ini merupakan ajang yang ditunggu-tunggu oleh setiap kabupaten, hal ini sebagai bentuk kecintaan dan kebanggaan masyarakat dan pemerintah terhadap Alquran yang sekaligus bentuk implementasi nilai-nilai Qurani dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Ciptakan Pemilu Bersih, Personal KIP Aceh Selatan Teken Fakta Integritas Bebas KKN

Disamping itu acara ini secara psikologis dapat mendorong motivasi masyarakat muslim di berbagai daerah dalam meningkatkan kesadaran beragama.

“Dalam mengikuti MTQ tingkat Provinsi Aceh yang ke 36 di Kabupaten Simeulue ini, Pemkab Abdya dan LPTQ tentunya sudah memiliki target yang ingin dicapai,” ungkapnya.

Namun demikian, lanjutnya, Pj Bupati Abdya juga menyampaikan bahwa kontingen Abdya tidak perlu terbebani dengan target yang dicanangkan. “Jangan berkecil hati jika tidak terpilih sebagai pemenang dalam kegiatan ini. Keikutsertaan dalam MTQ ini, sudah merupakan bukti bahwa saudara-saudari adalah kafilah yang layak untuk mewakili Kabupaten Abdya,” ujarnya.

Baca Juga:  Warga Desa Sambay dan Luan Balu Bersihkan Bibir Pantai Wisata Pulau Pinang

Sementara itu, Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah, Ubaidillah menyebutkan kafilah MTQ Abdya berjumlah 70 orang yang terdiri dari 22 orang laki-laki, 22 orang perempuan kemudian selebihnya merupakan pelatih dan official.

“Untuk kali, Abdya akan mengikuti 6 cabang MTQ seperti, tilawah, qiraah sab’ah, hifzil Quran golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz dan 20 juz, fahmil Quran, syahril Quran, khattil Quran empat golongan. Doakan kami selamat pergi dan pulang dan meraih hasil terbaik.

Kafilah MTQ Abdya akan diberangkatkan dengan 3 kabupaten lainnya secara bersamaan menuju Kabupaten Simeulu menggunakan kapal Aceh Hebat 3 melalui pelabuhan penyeberangan Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan,” singkatnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.