Kapolres Abdya Ajak Masyarakat Wujudkan Pemilu Damai

Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugraha, SH SIK MH didampingi sejumlah pejabat utama Polres, unsur TNI saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan di aula Mapolres setempat, Jumat (9/6/2023). Foto: ANTARAN/Agus.
Bagikan:

“Karena itu, jajaran Polres Abdya berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 agar dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai,” ujar Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugraha.

Jurnalis: Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE – Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya), AKBP Dhani Catra Nugraha, SH SIK MH mengajak seluruh elemen masyarakat dalam kabupaten setempat untuk mewujudkan Pemilu 2024 mendatang dengan kondisi damai dan bermartabat.

Hal itu disampaikannya kepada sejumlah wartawan di aula Mapolres setempat usai kegiatan senam kebugaran bersama dengan unsur TNI, Jum’at (09/06/2023).

Dikatakan Kapolres, jajaran Polres Abdya siap mendukung dan mengamankan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang. Kesiapan tersebut sesuai dengan instruksi Kapolri agar seluruh jajaran kepolisian di Indonesia untuk tetap siaga dalam memberikan rasa aman dan nyaman pada pelaksanaan Pemilu dimaksud.

Baca Juga:  Tindak Lanjut Arahan Kapolri, Kapolres Abdya Serahkan Bantuan Untuk Warga Kurang Mampu

Pemilu 2024, tambah Kapolres, memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya pemilihan legislatif (pileg), kemudian berlanjut pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan pemilihan Presiden (Pilpres).

Dengan demikian, lanjutnya, peningkatan intensitas kegiatan politik tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan dibidang keamanan. Yang menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoax dan ujaran kebencian (hate speech) yang berpotensi menimbul konflik sosial ditengah kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga:  Polres Abdya Berikan Layanan Berobat Gratis dan Bagi Sembako

Untuk itu, Polres Abdya bersama jajarannya akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelejen, penegakan hukum, kuratif dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dengan bentuk satuan tugas tingkat pusat, tingkat daerah dan tingkat Polres.

“Karena itu, jajaran Polres Abdya berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 agar dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai,” ujar Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugraha.

Lebih lanjut dikatakannya, menjaga netralitas, kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini, dorong seluruh elemen KIP, Panwaslu, Caleg, Parpol dan massa pendukungnya, Pemda, media, tokoh masyarakat untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca Juga:  Tanam Ribuan Mangrove, Polres Abdya Hijaukan Wilayah Pesisir

Intinya, ungkap Kapolres Abdya, sinergitas oleh seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan guna mewujudkan Pemilu yang damai. Karenanya dukungan masyarakat untuk menjaga lingkungan masing-masing dari isu-isu negatif yang dapat merusak persatuan dan kesatuan hendaknya dapat dilakukan.

“Pandai-pandailah menyaring informasi serta sikapi dengan positif, sebab menghadapi tahun Pemilu ini akan banyak isu-isu liar yang dapat merusak kedamaian masyarakat. Maka dari itu kewaspadaan harus ditingkatkan, agar Pemilu yang bermartabat, damai bisa terwujud serta bebas dari politik uang,” imbuh Kapolres AKBP Dhani Catra Nugraha. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.