Kapolres Abdya Imbau Warga Tidak Membuka Lahan Dengan Membakar

Kapolres Abdya didampingi Wakapolres saat Cofee Morning di Mapolres setempat, Jum'at (09/06/2023). Foto: ANTARAN/Syamsurizal.
Bagikan:

“Pihak kita dan TNI terus mengimbau masyarakat tentang ini. Mari saling menjaga,” ajak Kapolres.

Jurnalis : Syamsurizal

ANTARAN|BLANGPIDIE – Kapolres Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), AKBP Dhani Catra Nugraha mengimbau masyarakat tani untuk tidak membuka lahan baru dengan cara membakar.

Imbauan ini bertujuan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla yang nantinya juga merugikan diri sendiri dan orang lain, sebab bisa menyebabkan tercemarnya udara yang menganggu pernapasan dan lain sebagainya.

“Beberapa waktu lalu tim kita dari Polri, TNI dan unsur terkait lainnya telah berhasil memadamkan api di Kecamatan Kuala Batee hingga api tidak meluas, ini juga akibat masyarakat kita yang sembarangan membakar saat membuka lahan,” kata Kapolres AKBP Dhani Catra Nugraha.

Baca Juga:  Libur Hari Raya Idul Adha, Warga Padati Wisata Pulau PinangĀ 

Hal ini disampaikan Kapolres saat Cofee Morning dengan perwakilan Dandim 0110 Abdya, Polisi Air dan Udara (Polairud), Detasemen Polisi Militer (PM) Blangpidie, Wakapolres Abdya, Kompol Asyhari Hendri, Kasat Lantas, AKP Tri Andi Dharma, Kabag Ops AKP Basridar dan sejumlah wartawan setempat, Jum’at (09/06/2023).

Kapolres berujar, membuka lahan dengan cara bakar memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat, namun, hal itu harus ditinggali dan saatnya menggunakan cara-cara lain yang lebih efektif sehingga tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga:  YARA Minta Pj Bupati Abdya Beri Sanksi Tegas PNS Penerima Bansos

“Karena ada hukum yang mengatur tentang pelaku pembakaran hutan. Dan di Abdya sudah ada bukti, dimana ada masyarakat yang harus mendekam dipenjara karena itu,” sebut Kapolres.

Tidak hanya imbauan tidak membakar hutan, Kapolres juga mengimbau masyarakat untuk waspada dengan penyebab-penyebab kebakaran mengingat cuaca saat ini sedang musim kemarau.

“Contoh listrik, kalau ada kendala bisa langsung hubungi pihak PLN. Kita imbau masyarakat untuk saling waspada dengan semua kemungkinan itu,” ucap Kapolres.

Baca Juga:  Jumat Curhat, Polres Abdya Serap Saran dan Masukan Masyarakat

Kapolres menyebut, pihaknya dan TNI setempat tidak henti-henti terus mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat untuk saling menjaga dan menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pihak kita dan TNI terus mengimbau masyarakat tentang ini. Mari saling menjaga,” ajaknya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.