Kapolres Aceh Selatan Ingatkan Masyarakat Waspada Penipuan Online

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Nova Suryandaru SIK. Foto Humas Polres Asel
Bagikan:

“Diketahui, salah satu modus penipuan online dengan iming-iming undian berhadiah yang paling umum terjadi adalah phising,” ucap Kapolres Aceh Selatan. 

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARAN|TAPAKTUAN – Modus penipuan berkedok undian berhadiah kembali menelan korban. Terbaru, salah seorang Warga Masyarakat Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan Atas nama Julianus Lase melakukan Trasfer kepada pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mengunakan jasa Brilink sejumlah Rp 99.400.000.

Padahal uangnya itu akan dipakai untuk membangun rumah dan kebutuhan keluarga. Namun sekarang sudah raib karena penipuan online dengan modus undian berhadiah tersebut.

Baca Juga:  Serangan Harimau Kembali Terjadi, Pemkab Aceh Selatan Bersama Forkopimda Turun Ke Lokasi

Berkaca dari kasus tersebut, Kapolres Aceh Selatan, AKBP Nova Suryandaru SIK mengingatkan masyarakat perlu hati-hati dengan modus penipuan online serupa. Terutama jika dihubungi ada orang tidak dikenal kemudian meminta data-data pribadi yang sifatnya sangat rahasia.

“Diketahui, salah satu modus penipuan online dengan iming-iming undian berhadiah yang paling umum terjadi adalah phising,” ucap Kapolres Aceh Selatan.

Phising adalah penipuan dengan cara mengirim tautan atau link ke sebuah situs web palsu. Jika mengklik tautan tersebut, si penipu akan mencuri data pribadi korban seperti nama lengkap, alamat, nomor kartu kredit atau bentuk identitas perbankan lainnya.

Baca Juga:  Kapolres Aceh Selatan Ajak Masyarakat Dukung Pencegahan Karhutla

Oleh karena itu, Kapolres mengingatkan masyarakat agar selalu berhati-hati dan tidak mudah percaya begitu saja dengan informasi ataupun pesan yang didapat dari telepon seluler dan media sosial agar tidak menjadi korban penipuan yang berkedok undian ataupun hal lainnya.

“Jangan cepat percaya bila menerima informasi di HP atau media sosial. Apabila ada informasi itu perlu dikonfirmasi jangan sampai senang dan tergiur dengan ajakan hadiah yang begitu besar, sehingga tidak sadar itu suatu tipuan kelompok-kelompok orang tertentu,” katanya.

Baca Juga:  DPRK Aceh Selatan Apresiasi Gerak Cepat Penanganan Darurat Bencana Banjir Bandang Ladang Rimba

Jika merasa pesan tersebut terindikasi penipuan, sambung AKBP Nova Suryandaru, segera lapor ke Kantor Polres Aceh Selatan atau Polsek terdekat. “Kami akan tindak lanjut demi menjaga Masyarakat Aceh Selatan,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.