Kapolres Aceh Selatan : Polisi Siap Siaga Back Up Panwaslih Sukseskan Pemilu 2024

Forkopimda Aceh Selatan bersama Personel Panwas berfoto bareng usai apel Konsolidasi persiapan tahapan kampanye Pemilu 2024 di Alun-alun Tapaktuan. ANTARAN / Sudirman Hamid.
Bagikan:

“Polisi siap siaga mendampingi rekan-rekan Panwaslih untuk mensukseskan Pemilu 2024. Laksanakan sesuai aturan serta bertindak netral,” kata AKBP Nova Suryandaru, S.Ik.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Selatan menggelar apel Konsolidasi pengawasan tahapan kampanye pemilu tahun 2024 di Alun-alun, jalan TB Mahmud, Tapaktuan, Kamis (7/12/2023).

Menjelang detik-detik apel konsolidasi pengawasan tahapan kampanye, dalam pidato singkatnya Kapolres Aceh Selatan, AKBP Nova Suryandaru, S.IK sebagai Ketua Gakkundu mengatakan, jajaran kepolisian siap mengamankan Pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024.

Tegas disampaikan, Panwas dipundakan tanggungjawab untuk terlaksananya Pemilu bersih, damai, aman dan sukses. Menidaklanjuti hal tersebut, pihaknya dari kepolisian siap memback up, menjamin keamanan, mendukung dan mendampingi rekan-rekan Panwas dalam melaksanakan tugas.

Baca Juga:  UMKM Bank Aceh Jauhkan Pedagang Dari Rentenir  

“Polisi siap siaga mendampingi rekan-rekan Panwaslih untuk mensukseskan Pemilu 2024. Laksanakan sesuai aturan dan Perundang undangan serta tetap bertindak netral, profesional dan tanpa keberpihakan untuk kepentingan tertentu,” kata Nova Suryandaru.

Jajaran Polres Aceh Selatan, lanjutnya, akan menindak tegas pihak manapun yang merongrong, mengintimidasi dan bersikap premanisme terhadap tugas Panwaslih, apalagi dalam bentuk mengacaukan kesuksesan Pemilu.

Dihadapan 343 peserta apel, Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Deri Friadi menyampaikan beberapa point untuk memastikan kesiapan pengawasan Pemilu berjalan demokratis dan terlaksana dengan baik.

“Panwaslih, Panwascam hingga PKD di gampong-gampong meningkatkan koordinasi sesama Pengawas agar pengalaman dan informasi dapat dibagikan dengan efektif dan efisien,” ucap Deri Friadi saat bertindak selaku inspektur upacara.

Baca Juga:  Pemkab Gayo Lues bersama IDI dan PERDAMI Gelar Operasi Katarak Gratis

Kawan-kawan, kata Deri Friadi, selalu fokus melaksanakan pengawasan di ruang publik dan pertemuan-pertemuan kampanye lainnya. Memperhatikan atribut kampanye dijalanan, tempat ibadah serta sarana pendidikan yang tidak sesuai aturan.

“Jajaran Pengawas kecamatan dan desa adalah unung tombak yang memastikan pelaksanaan dan jalannya Pemilu berkeadilan, jujur serta menjaga hak pilih dalam penegakan pemilihan. Hindari dan mengantisipasi akun media sosial yang berbaur hoax,” imbuhnya.

Sebagai point terpenting, sambung Deri Friadi, kita Pengawas Pemilu dalam pesta demokrasi bertindak sebagai wasit. Artinya, Panwas bukanlah pemain yang ikut dalam pertarungan.

Baca Juga:  Tanam Ribuan Mangrove, Polres Abdya Hijaukan Wilayah Pesisir

“Mari kita tegakan aturan main sesuai perundang-undangan. Dalam bertindak, Panwas tidak pilih kasih, asal menyalahi aturan harus dilakukan penindakan. Gakkundu selalu bersama kita,” tukasnya.

Sebelumnya, Koordinator pelaksana apel konsolidasi, Ida Ema Eflida melaporkan, jumlah peserta yang hadir dan mengikuti apel sebanyak 343 orang, terdiri; Panwascam 54 peserta, PKD sebanyak 260 personel, Satpol PP 6, TNI Kodim 0107 dihadiri 8 orang dan personel kepolisian Polres 15 peserta.

Selain Kapolres dan personel Panwas, prosesi apel konsolidasi tahapan kampanye dihadiri, Asisten Pemkab Aceh Selatan, H Karmansah, S.Sos, Kajari, Heru Anggoro. SH, MH, Dandim 0107 diwakili Kapten Inf. Edy Mulyo, Ketua KIP Kafrawi, SE dan komponen berkompeten lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.