Kapolres dan Dandim Ajak Wartawan di Abdya Jaga Sinergitas

TEMU RAMAH : Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH didampingi Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Roqich Hariadi dalam agenda temu ramah dengan sejumlah wartawan di aula Mapolres setempat, Rabu (29/11/2023). ANTARAN / Agus
Bagikan:

“Kami mengajak seluruh wartawan dan seluruh elemen masyarakat dalam Kabupaten Abdya untuk mewujudkan Pemilu 2024 mendatang dengan kondisi damai dan bermartabat,” ajaknya.

Jurnalis : Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE – Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya), AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH mengajak kalangan wartawan baik media cetak, media online dan media elektronik untuk bersinergi dalam mendukung keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Abdya.

Apalagi dalam rentan waktu yang tidak lama lagi, masyarakat akan mengikuti Pemilu 2024. Ajakan itu disampaikan Kapolres Abdya dalam agenda temu ramah didampingi Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Roqich Hariadi di Aula Mapolres setempat, Rabu (29/11/2023).

“Kami mengajak seluruh wartawan dan seluruh elemen masyarakat dalam Kabupaten Abdya untuk mewujudkan Pemilu 2024 mendatang dengan kondisi damai dan bermartabat,” ajaknya.

Baca Juga:  7 Tahun Pelayaran Insan Bumi Mandiri, Antarkan Ribuan Kebaikan untuk Pedalaman

Disebutkan, Pemilu 2024 tersebut memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena proses pemilihan legislatif (pileg) yang kemudian berlanjut pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan pemilihan Presiden (Pilpres).

Dengan demikian, peningkatan intensitas kegiatan politik tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan. Yang menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoax dan ujaran kebencian (hate speech) yang berpotensi menimbul konflik sosial ditengah kehidupan bermasyarakat.

Jajaran Polres Abdya berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 agar dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai. Akan hal itu, upaya dimaksud juga harus mendapat dukungan penuh dari kalangan wartawan di Abdya dengan lahirnya berita-berita yang mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat luas.

Baca Juga:  Berakhir Ramadan, Melahirkan Rasa Gembira dan Sedih 

Sementara itu, Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Roqich Hariadi menekankan, cipta kondisi (Cipkon) yang aman dan tertib menurutnya bukan hanya tugas Polisi ataupun TNI, melainkan tugas bersama seluruh elemen masyarakat termasuk wartawan.

Dukungan awak media agar dapat memberitakan hal-hal yang positif dan tidak memancing suasana menjadi tidak nyaman merupakan bagian terpenting, sehingga suasana Abdya tetap aman, teduh dan nyaman.

Media memiliki peranan dalam kontrol sosial untuk keseimbangan informasi. Sehingga, informasi tersebut tidak disalah tafsirkan oleh masyarakat. Dia juga mengajak unsur terkait lainnya untuk menangkal penyebaran informasi yang bernilai sara dan menciptakan kegaduhan di lingkungan masyarakat.

Baca Juga:  Karena Dianggap Sepele, Orang Jumawa Sering Jatuh Pada Kerikil Kecil 

Paling penting, sinergitas oleh kalangan wartawan, seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan guna mewujudkan Pemilu yang damai. Karenanya dukungan masyarakat untuk menjaga lingkungan masing-masing dari isu-isu negatif yang dapat merusak persatuan dan kesatuan hendaknya dapat dilakukan.

“Peran wartawan lewat pemberitaan dan sosial kontrolnya sangat penting dalam menggugah masyarakat untuk terus meningkatkan dukungan dan kepercayaan terhadap pemerintah.

Karena itulah para wartawan diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa segala program pembangunan yang dilaksanakan untuk kepentingan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat termasuk penyampaian informasi yang akurat,” imbuhnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.