Kelompok Tani Sawit di Abdya Cabut Dukungan Untuk PT. Ensem

Foto: Surat pernyataan kelompok tani sawit di Abdya. Antaran/Syamsurizal.
Bagikan:

“Kami hanya memfasilitasi keduannya, yakni PT. Ensem dan PT. Samira dan alhamdulillah hari ini sudah ada titik temu,” kata Kadis Pertanian, Nasruddin dalam pertemuan ini.

Jurnalis : Syamsurizal

ANTARAN|BLANGPIDIE – Kelompok Petani Sawit di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyatakan mencabut dukungan pasokan bahan baku TBS kelapa sawit milik mereka kepada PT. Ensem dan hanya memasok kepada PT. Samira Makmur Sejatera.

Hal ini seperti tertuang dalam surat pernyataan bersama dan ditanda tangani oleh para kelompok tani usai mediasi di Dinas Pertanian setempat pada, Senin (9/10/2023).

Pertemuan ini turut dihadiri oleh kedua pihak yakni PT. Emsem, PT. Samira, dari Dinas Perizinan Provinsi Aceh, Kadin Abdya dan para kelompok tani.

Baca Juga:  Ladang Rimba, Trumon Tengah Kembali Dilanda Banjir, Arus Lalu Lintas Lumpuh

“Menyatakan mencabut surat dukungan pasokan bahan baku TBS pada PT. Ensem Abadi dan hanya memberikan surat dukungan pasokan bahan baku TBS pada PT. Samira Makmur Sejahtera,” begitu bunyi surat pernyataan itu.

Adapun poin-poin kesepakatan bersama itu meliputi.

1. Setelah diverifikasi terdapat 30 Kelompok tani yang tumpang tindih dukungan pasokan TBS pada kedua perusahaan tersebut.

2. Sebanyak 30 Kelompok Tani yang tumpang tindih tersebut pihak PT. Ensem Abadi mengembalikan dukungan kelompok tani tersebut kepada PT. Samira Makmur Sejahtera.

3. Kekurangan Dukungan Pasokan pada PT. Ensem Abadi akibat pengembalian dukungan tersebut maka PT. Ensem Abadi bersedia mencari dukungan pasokan TBS dari pihak lain.

Baca Juga:  PIP Kemenkeu Gelar Umi Youthpreneur 2022

4. PT. Samira Makmur Sejahtera menindak lanjuti dilapangan tentang kewajiban kerja sama sesuai dengan perjanjian kerja sama dengan kelompok tani.

5. Para Kelompok Tani yang telah membuat laporan kepada Kepolisian Resort Kabupaten Aceh Barat Daya agar segera mencabut laporan pengaduan tersebut.

6. Pihak PT. Samira Makmur Sejahtera segera mencabut pengduan Dokumen Ganda kepada Kejaksaan Negeri Rebublik Indonesia Kabupaten Aceh Barat Daya

7. Pihak PT. Ensem Abadi bersedia dan sepakat tidak melakukan pembangunan kecuali kegiatan pembersihan lahan dilokasi rencana pembangunan PKS sebelum terpenuhinya dukungan Pasokan TBS

Baca Juga:  Muprov VII Kadin Aceh, Tiga Bakal Calon Ambil Formulir

Diketahui, kelompok tani ini sebelumnya telah melaporkan PT. Ensem kepada pihak kepolisian setempat atas dugaan pemalsuan dokumen dukungan. Dimana, kelompok tani ini mengaku tidak pernah memberikan dukungan kepada PT. Ensem, sebab telah memberikan dukungan kepada PT. Samira.

Pasca gaduh, pihak dinas setempat memfasilitasi pertemuan antara pihak PT. Ensem, PT. Samira dan kelompok tani untuk duduk bersama dan mendapat solusi atas permasalahan ini.

“Kami hanya memfasilitasi keduanya, yakni PT. Ensem dan PT. Samira dan alhamdulillah hari ini sudah ada titik temu,” kata Kadis Pertanian, Nasruddin dalam pertemuan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.