Kembali Terkoreksi Pagi Ini, Harga TBS Sawit Semakin Terpuruk

Harga sawit semakin anjlok. Seorang pekerja sedang memuat tandas buah segar (TBS) kelapa sawit ke truk untuk diangkut ke pabrik pengolahan minyak kelapa sawit (PMKS) di Aceh Barat Daya. ANTARAN/SUPRIJAL YUSUF
Bagikan:

Jurnalis: Suprijal Yusuf

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE – Pergerakan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Aceh Barat Daya (Abdya) kelihatannya memang tidak tertahan lagi. Bahkan, saat ini sudah berada pada titik merah harga di tingkat petani, yaitu dikisaran Rp 550/kg hingga Rp 600/kg. Menyusul, kembali terkoreksi cukup dalam mencapai rata-rata Rp 80/kg, Rabu (06/07/2022) pagi tadi.

Zoell seorang agen pengumpul di Abdya kepada antarannews.com, Rabu pagi, mengakui, sangat terkejut dengan kembali turunnya harga (TBS) kelapa sawit. Turunya, harga sawit yang terjadi hari ini, lanjutnya, karena pembelian di pabrik pengolahan minyak kelapa sawit (PMKS) di daerah itu, mengalami pelemahan.

Baca Juga:  Mushola Dayah Nurhidayah di Lembah Sabil Terancam Longsor

“Di pabrik harga pembelian pagi ini sudah turun sekitar Rp 80/kg. Yaitu, dari harga Rp 970/kg turun menjadi Rp 890/kg. Maka kami –para agen–juga terpaksa menurunkan harga pembelian pada petani senilai harga yang diturunkan pabrik tersebut,” katanya.

Sejumlah petani kepada antarannews.com, Rabu, mengakui melihat kondisi harga sawit saat ini sudah pasrah.

“Kami jelas tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Kalau harga terus terpuruk dan tidak akan normal dalam waktu dekat. Maka kehidupan kami semakin terpuruk,” ujar Martunis petani asal Kuta Jeumpa, Abdya.

Baca Juga:  Satpol PP Terus Melakukan Penertiban Ternak di Aceh Jaya

Para petani meminta pemerintah untuk segera mencari solusi yang cepat mengenai persoalan harga sawit yang semakin memburuk ini.

“Karena bila tidak anak-anak kami akan terancam bisa melanjutkan pendidikan. Karena selama ini kami hanya bergantung pada penghasilan dari kebun sawit untuk membiayai pendidikan anak-anak kami,” keluh Ahmad seorang petani lainnya di Abdya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.