Kepala Dinas Pendidikan Sebut PAUD ke SD Adalah Jenjang Pendidikan Sangat Penting

Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP. S.Sos., M.Si memberi sambutan pada acara Sosialisasi dan Komitmen Bersama Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan yang berlangsung di Anjungan Pendopo Bupati, Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Rabu (02/08/2023). ANTARAN / Didit Arjuna
Bagikan:

“Kami Pemerintah mengajak Bunda PAUD se-Kabupaten dan lintas sektor Pemerintah di Nagan Raya untuk berkomitmen, kita bergerak bersama-sama untuk menuju 3 target perubahan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” ajak Pj Bupati.

Jurnalis : Didit Arjuna

ANTARAN | SUKA MAKMUE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Dinas Pendidikan setempat laksanakan Sosialisasi dan Komitmen Bersama Transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan.

Kegiatan yang bertemakan “Melalui Kegiatan Sosialisasi Bunda PAUD Kabupaten Nagan Raya, Mari Kita Berkomitmen untuk Mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan” itu berlangsung di Anjungan Pendopo Bupati, Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Rabu (02/08/2023).

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP. S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa, tujuan kegiatan untuk menyatakan komitmen sebagai bunda PAUD agar bersama-sama menyukseskan program pemerintah untuk merubah sistem cara mendidik yang selama ini miskonsepsi, yang mana anak-anak PAUD ketika masuk ke SD masih mengutamakan calistung.

Baca Juga:  Empat Dari Sembilan Usulan Seleksi Terbuka JPTP Disetujui KASN

“Kami Pemerintah mengajak Bunda PAUD se-Kabupaten dan lintas sektor pemerintah di Nagan Raya untuk berkomitmen, kita bergerak bersama-sama untuk menuju 3 target perubahan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” ajak Pj Bupati.

Lebih lanjut, Pj Bupati menyampaikan, adapun 3 target yang dimaksud yaitu, pertama menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru pada pendidikan dasar (SD/MI), kedua menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama, dan ketiga menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan pondasi anak yang dibangun secara kontinu dari PAUD hingga kelas dua pada pendidikan dasar.

Selain itu, Fitriany juga menginstruksikan Bunda PAUD Kecamatan untuk turun ke PAUD di wilayah masing-masing, guna memotivasi anak-anak PAUD, dan menyampaikan hasil materi dalam acara sosialisasi ini kepada guru-guru PAUD/RA.

Baca Juga:  Polres Simeulue Laksanakan Shalat Ied Bersama Warga

“Saya berharap kepada istri camat selaku Bunda PAUD kecamatan supaya turun selalu ke PAUD dalam wilayah kecamatannya,” tegas Pj Bupati yang juga merupakan Bunda PAUD Kabupaten Nagan Raya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Zulkifli, S.Pd mengatakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) merupakan dua jenjang pendidikan dasar yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak.

Menurutnya PAUD dan SD memiliki peran strategis dalam membentuk karakter, kepribadian dan potensi anak sejak usia dini. Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan akses, kualitas dan pemerataan layanan PAUD dan SD di seluruh Indonesia.

“Kabupaten Nagan Raya merupakan salah-satu kabupaten yang terpilih untuk mengimplementasikan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Indonesia,” katanya.

Hal ini menunjukkan bahwa Kabupaten Nagan Raya memiliki potensi dan kesiapan untuk mengembangkan layanan PAUD dan SD yang berkualitas.

“Saya berharap sosialisasi dan komitmen bersama transisi Paud/RA ke SD/MI ini dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan anak-anak didik kita,” pungkas Zulkifli.

Baca Juga:  Nantikan, Saban Sabe Sajan Bersama BSI Gelar Festival Produk Lokal di Alun-Alun Tapaktuan  

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama oleh Pj Bupati, Ketua Komisi IV DPRK, Asisten Pemerintahan dan Kesra, ketua MPD, perwakilan Kemenag Nagan Raya, para kepala SKPK, Ketua DWP, perwakilan PKK, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI), Kelompok Kerja Kepala Sekolah wilayah Nagan Raya (K3S), serta bunda PAUD kecamatan dan Gampong.

Setelah selesai penandatanganan, dilanjutkan sosialisasi dengan pemateri Nika Aprianti, S.Pd yang merupakan Ketua Bidang Pendidikan Pokja Bunda PAUD Provinsi Aceh.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua Komisi IV DPRK, Sigit Winarno, Ketua MPD, Asisten Pemerintahan dan Keisra, para kepala SKPK, Ketua DWP, Pengurus PKK, Ketua IGTKI, Ketua K3S Nagan Raya, Koordinator Pengawas Sekolah, Bunda PAUD kecamatan maupun gampong dalam Kabupaten Nagan Raya serta undangan lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.