Kerja Keras Pj Bupati Aceh Selatan, Pertikaian Mahasiswa Berakhir Damai

Para perwakilan Aceh Selatan dan empat kabupaten lain memperlihatkan salam kompak usai rapat perdamaian. ANTARAN/Istimewa.
Bagikan:

“Alhamdulillah, Minggu malam kemarin, perwakilan lima kabupaten melaksanakan pertemuan membahas solusi tepat terhadap selisih paham adik-adik mahasiswa,” kata Plt Sekda, Ilham Sahputra.

ANTARAN|BANDA ACEH – Langkah dan responsif cepat Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan terhadap selisih paham mahasiswa di Banda Aceh mulai menemui titik terang, setelah berkomunikasi dan berkoordinasi intent antar pejabat daerah.

Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP yang dikonfirmasi melalui Plt Sekda, Ilham Sahputra, S.STP, M.Si mengatakan, perwakilan kabupaten pala sudah memediasi dan melaksanakan pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat empat kabupaten lain di salah satu warung kopi di Banda Aceh.

Baca Juga:  Tolak Pengungsi Rohingya, Masyarakat Gayo Lues Gelar Aksi Damai

“Alhamdulillah, Minggu (22/10/2023) malam kemarin, perwakilan lima kabupaten melaksanakan pertemuan membahas solusi tepat terhadap selisih paham adik-adik mahasiswa menuju perdamaian,” kata Ilhami Sahputra seraya mengaku pihaknya masih di Banda Aceh untuk melurus dan nendinginkan suasana.

Perwakilan lima kabupaten tersebut meliputi; Aceh Selatan, Gayo Lues, Aceh Tengah, Bener Meriah dan Abdya. Ada lima kesepakatan yang final dibahas sebagai sebuah keputusan yang harus dilaksanakan.

Masing-masing pihak bersedia menyelesaikan permasalahan kesalahpahaman yang terjadi secara kekeluargaan dalam koridor perdamaian. Kedua, semua mahasiwa akan membut video visual ucapan permohonan maaf.

Baca Juga:  FFI Gelar Sosialisasi Tentang Hukum Adat Laut di Wilayah Lhok Sambay¬†

“Khusus mahasiswa Aceh Selatan, selain membuat vidio visual permintaan maaf, juga mencabut (menarik kembali) vidio visual pengancaman yang ditujukan kepada mahasiswa Gayo Lues yang sudah beredar disebahagian masyarakat,” terang Sekda kepada antaran Senin, (23/10/2023) malam.

Selanjutnya, perdamaian di fasilitasi dan dimediasi oleh Polresta Banda Aceh, dilaksanakan tadi siang sekira pukul 14.00 WIB di Polresta Banda Aceh.

Tetakhir, mahasiswa Aceh Selatan akan bersilaturahmi dengan mahasiswa Gayo Lues di asrama mahasiswa Gayo Lues.
Dilanjutkan melihat keadaan dan kondisi Asrama paska insiden kesalahpahaman.

“Semua kesepakatan diatas hampir rampung kita laksanakan. Malam ini akan berkunjung ke Anjungan PKA. Mudah-mudah, perdamaian ini nenjadi ajang silaturahmi yang melekat dan dijauhi dari berbagai kemungkinan tidak baik,” imbuhnya.

Baca Juga:  Atinah Andriaty, Distributor Ms Glow Kota Subulussalam Caleg Nasdem

Menurut Ilham Sahputra, Bapak Bupati sangat serius menyelesaikan persoalan ini agar tidak meluas dan memburuk. Buktinya, hingga tadi malam kami melaksanakan amanah kesepakatan perdamaian dengan gigih.

“Bapak bupati berharap tidak ada lagi pihak-pihak yang memanasi atau mencari-cari kelemahan atau memprovokatif. Masyarakat dan para orang tua lima kabupaten menginginkan adik-adik mahasiswa fokus belajar demi masa depan orang tua, bangsa dan negara,” tutup Ilham Sahputra.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.