Kerja Keras, Setahun Warga Lhok Pawoh Mampu Membangun Masjid Baru

Masjid Al Maqramah yang baru di bangun di Gampong Lhok Pawoh, Sawang Aceh Selatan. ANTARAN/Istimewa
Bagikan:

“Tahun 2023 lalu, warga Lhok Pawoh menunaikan sholat Tarawih berjamaah di masjid lama. Kendatipun belum rampung  seluruhnya,  bulan Ramadhan tahun 2024 kami sudah bisa melaksanakan sholat Tarawih di masjid baru,” kata Geuchik Yulizar.

 Jurnalis: Sudirman Hamid

 ANTARAN l TAPAKTUAN-Kegigihan, kerja keras dengan didorong semangat kebersamaan yang dibangun selama satu tahun, akhirnya warga Gampong (desa) Lhok Pawoh, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh berhasil membangun masjid baru diatas lahan lama (revitalisasi).

Kesuksesan membangun masjid baru dalam waktu relatif singkat selama satu tahun tersebut disampaikan Keuchik Lhok Pawoh, Tgk Yulizar Abdia kepada antaran melalui rilisnya, Rabu (13/3/2024).

 “Sebagai pemimpin saat ini, saya menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Lhok Pawoh, para donatur dan berbagai komponen yang telah berpartisipasi serta menyalurkan bantuan untuk terlaksananya pembangunan masjid Al Maqramah, baik sumbangan material maupun pikiran,” ujar Yulizar.

Baca Juga:  Kinerja Pj Bupati Abdya Dinilai Cukup Baik, Sommasi Rekom Darmansah Lanjut
Keuchik Gampong Lhok Pawoh, Tgk Yulizar Abdia. ANTARAN/Istimewa.

Dikatakan Keuchik, atas perhatian dan uluran tangan berbagai pihak, masjid yang dirobohkan setahun lalu itu, Alhamdulillah saat ini sudah berdiri bangunan baru. Meskipun belum siap seluruhnya, namun sudah dapat dimanfaatkan pada bulan Ramadhan 1445 hijrah atau 2024 masehi.

Menurut Yulizar, anggaran awal yang tersedia di Kas untuk revitalisasi masjid sebesar Rp 68 juta. Seiring bergeraknya pembangunan, panitia mengumpulkan derma ikhlas bersumber dari masyarakat setempat (patungan) Rp 20.000 per rumah per minggu. Pekerjaan pembangunan masjid dilaksanakan dengan sistem gotong royong setiap hari Jumat per dusun.

Masyarakat tidak kenal lelah, bahu membahu bergotong royong mengangkut material batu gunung, kerikil, pasir dan kayu tumpang dan lain-lain. Semua itu terlaksana berkat kesatuan dan persatuan serta rasa optimisme untuk mewujudkan terbangunnya masjid Al Maqramah yang baru.

Baca Juga:  Presiden Joko Widodo Sebut Partai Demokrat Sering ke Istana, Ini Penjelasan Partai Demokrat

Khusus kebutuhan batu gunung seluruhnya ditanggung atau difasilitasi oleh Tgk Syamsuardi (Tgk Agam). Begitupun sumbangan berupa uang dari pundi indivindu warga Blanggeulinggang, Trieng Meuduro Baroh dan Simpang Tiga kecamatan Sawang dengan nominal Rp 30-Rp 50 juta.

]”Bantuan yang saudara-saudara sumbangkan secara tulus dan ikhlas, menjadi amal ibadah dan diterima dengan baik disisi Allah SWT. Bayangkan saja, ada ongkos Omroh orangtua yang batal berangkat kerena meninggal dunia diberikan untuk kelangsungan pembangunan masjid. Sungguh mulia, semoga berkah sepanjang zaman dan pahalanya terus mengalir di dunia sampai akhirat,” imbuh Yulizar.

Baca Juga:  Daftar Bacaleg ke KIP, Perindo Aceh Selatan Optimis Rebut Kursi Dewan

Informasi dihimpun antaran, Gampong Lhok Pawoh salah satu desa di Kecamatan Sawang yang terbanyak penduduknya. Kurun beberapa tahun lalu sempat mengajukan pemekaran desa. Alhamdulillah selama kepemimpinan Keuchik Tgk Yulizar Abdia, kehidupan warga tentram, rukun, aman dan bersatu padu.

Pembangunan masjid Al Maqramah baru  Gampong Lhok Pawoh seluas 25 x 28 meter dilakukan peletakan batu pertama oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran pada 6 Desember 2022. Berselang dua bulan kemudian bangunan lama dirobohkan  untuk dibangun masjid baru yang lebih permanen.

“Selama kepemimpinan Keuchik Yulizar, warga Lhok Pawoh selalu rukun dan kompak. Buktinya, dalam waktu setahun berhasil membangun masjid baru dan menata berbagai pembangunan. Mudah-mudahan Lhok Pawoh senantiasa berkah,” ucap salah seorang penduduk. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.