Kesbangpol Nagan Raya Gelar Rakor Desk dan Tim Pemantauan Pemilu 2024

Tim Desk Pemilu saat Rakor Tim Desk dan Pemantauan Pemilu 2024 di Kabupaten Nagan Raya. ANTARAN/Didit Arjuna.
Bagikan:

“Mengingat pesta demokrasi tersisa sepekan lagi, perlu menyamakan persepsi dan sinergitas dari stakeholder dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu di Nagan Raya,” kata Zulfika, SH.

Jurnalis: Didit Arjuna

ANTARAN | NAGAN RAYA– Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Desk Pemilu tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Setdakab Komplek Perkantoran Suka Makmue, Rabu (7/2/2023).

Pantauan antaran, Rakor mengusung tema “Sinergitas Tim Desk Pemilu dalam Rangka Mensukseskan Pesta Demokrasi di Kabupaten Nagan Raya” dibuka Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos., M.Si diwakili Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Zulfika, SH.

Dalam arahannya, Zulfika mengatakan, pembentukan Desk Pemilu, sesuai Surat Keputusan Bupati Nagan Raya Nomor: 200.1.5.9/Kpts/2024 tentang pembentukan tim Desk dan dukungan tahapan persiapan pemilu umum legislatif dan pemilihan  presiden tahun 2024.

Baca Juga:  Ketua KIP Aceh Nyoblos di Kampung Halaman Lalu Monitoring Pemilu

Lebih lanjut disebutkan, rapat ini bertujuan untuk membahas bagaimana teknis untuk mendukung upaya kesuksesan, mengetahui dan mengevaluasi pelaksanaan Pemilu yang bergulir tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

“Mengingat hari “H” Pemilu hanya tinggal sepekan lagi, karena itu jajaran pemerintahan dan komponen terkait sangat penting menyamakan persepsi, bersinergitas untuk menyukseskan yang adil, jujur, berkualitas dan berintegritas. Salah satunya dengan Rakor hari ini,” ujar Asisten Pemerintahan.

Di Kabupaten Nagan Raya sendiri, tambahnya, pemerintah telah menyerahkan tugas tersebut kepada Kesbangpol, yaitu sebagai garda terdepan dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi.

Baca Juga:  PPS Kluet Timur Umumkan DPSHP Pemilu 2024, Cek Nama Anda

“Selain stakeholder, kita juga ada Bawaslu dan Komisi Independen Pemilihan (KIP). Jadi kita harus seirama dan saling bergandengan dan bersinergi mensukseskan pesta demokrasi di nagan Raya,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Kesbangpol Kabupaten Nagan Raya, Indra Herawan, S.IP., M.Si menjelaskan, tujuan rakor Tim Desk Pemilu tersebut untuk melakukan pemantauan terhadap kondisi dan situasi pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Pemerintah berkewajiban mengantisipasi segala bentuk kendala dan hambatan yang mungkin terjadi pada saat hari pelaksanaan.

“Sesuai amanat yang disampaikan Menteri Dalam Negeri, bahwa pemerintah daerah berkewajiban untuk melakukan pemantauan dan memfasilitasi segala bentuk dukungan penyelenggara pemilu. Sehingga kita dapat memastikan agenda nasional dan daerah ini berjalan lancar, tertib dan aman,” ujar Indra Herawan.

Baca Juga:  64.744 DPT Warga Subulussalam Dijadwalkan Mencoblos di 258 TPS

Menurut dia, sebagai leading sektor terhadap pemantauan pemilu, Kesbangpol menyakinkan pemerintah daerah untuk memastikan agenda nasional ini berjalan sesuai dengan harapan masyarakat dan pemerintah.

“Kegiatan-kegiatan dan tahapan serta pendistribusian logistik Pemilu ke daerah dari KPU Pusat berjalan lancar. Namun demikian, kita perlu juga mengetahui perkembangan situasi dan kondisinya. Apabila situasi menuntut kita berbuat demi kelancaran Pemilu, maka kita harus siap,” imbuh Indra Herawan.

Amatan antaran, prosesi Rakor Tim Desk dan Pemantau Pemilu turut dihadiri unsur Forkompinda, kepala SKPK, para camat, ketua KIP Nagan Raya, Panwaslih, Komisioner Bawaslu, serta para tamu undangan lainnya. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.