Ketua KIP Aceh Selatan Lantik 780 Anggota PPS, Ini Pesan Bupati Tgk Amran

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran saat menyampaikan pidato pada acara pelantikan anggota PPS di Rumoh Agam Tapaktuan, Selasa (24/01/2023). ANTARAN / HERIAN SYAHPUTRA
Bagikan:

“Peran penyelenggara pemilihan umum, termasuk Panitia pemungutan suara (pps) sangatlah penting, karenanya, anggota pps harus memiliki integritas dan komitmen dalam menjalankan tugas serta wewenangnya,” pinta Tgk Amran.

Jurnalis : Herian Syahputra

ANTARANNEWS.COM|TAPAKTUAN – Sebanyak 780 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), terdiri dari 450 laki-laki dan 330 orang perempuan yang akan bertugas pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang resmi dilantik di Gedung Rumoh Agam Tapaktuan, Selasa (24/01/2023).

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji serta penandatanganan pakta integritas anggota PPS Pemilu Tahun 2024 ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan, Saiful Bismi SE.

Baca Juga:  Kuasa Hukum Korban Penamparan Anak di Bawah Umur Minta Pelaku Segera Diproses

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran dalam pidatonya mengatakan, Pemilihan Umum Tahun 2024, merupakan wujud pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk lima tahun ke depan .Untuk itu, sambungnya, penyelenggaraan Pemilu nantinya harus berjalan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Suksesnya penyelenggaraan Pemilu diharapkan tidak hanya dari segi prosedural semata, tetapi juga sukses dari segi substansial. “Dengan demikian, dapat kita pahami bahwa peran penyelenggara pemilihan umum, termasuk Panitia pemungutan suara (pps) sangatlah penting, karenanya, anggota pps harus memiliki integritas dan komitmen dalam menjalankan tugas serta wewenangnya,” pinta Tgk Amran.

Baca Juga:  Pembentukan TPS Khusus Pemilu 2024, KIP Aceh Selatan Koordinasi dengan Kepala Rutan IIB Tapaktuan

Bupati berharap, anggota PPS yang baru dilantik hari ini, supaya dapat bekerja maksimal untuk membantu KIP Aceh Selatan dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dalam melaksanakan tahapan demi tahapan pemilu tahun 2024 dan dapat bersinergi dengan pemerintah gampong di wilayah kerja masing-masing.

Dikesempatan yang sama, Ketua KIP Aceh Selatan, Saiful Bismi SE kepada anggota PPS yang baru dilantik mengatakan, pekerjaan yang menanti anggota PPS adalah melakukan pemutakhiran data pemilih. “Akurat atau tidaknya data pemilih sangat tergantung ditangan bapak ibu semuanya. Karenanya kami mohon bekerja secara profesional, berintegritas dan mengutamakan kepentingan negara dibandingkan kepentingan pribadi,”pesan Saiful.

Baca Juga:  Antara KIP dan Panwaslih Aceh Selatan Rekan Sejawat, Hanya Beda Tupoksi

Selain itu, Saiful Bismi berharap kepada PPS yang baru dilantik bisa berkoordinasi dengan kepala desa dan Bawaslu ditingkat desa.
Terkait ditemukannya, pasutri menjadi anggota PPS di wilayah itu, Ketua KIP Aceh Selatan Saiful didampingi Sekretaris Elwin mengatakan salah satu harus mundur dan digantikan dengan cadangan dan itu aturannya.

Pelantikan anggota PPS di Kabupaten Aceh Selatan turut dihadiri Forkopimda, Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab, para Komisioner dan Sekretaris KIP beserta jajarannya, Kepala SKPK, Pimpinan Instansi Vertikal, Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan undangan lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.