Ketua Panwaslih Aceh Selatan Bantah Penertiban APK Pilih Kasih

Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Deri Friadi. ANTARAN/Istimewa.
Bagikan:

“Pantauan dan pengawasan kami, semua APK sudah ditertibkan, kecuali yang berada di belakang kantor Bank Aceh, Tapaktuan,” kata Ketua Panwaslih Aceh Selatan.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Selama beberapa hari, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Selatan getol melaksanakan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang dan bertebaran di lokasi-lokasi umum di wilayah Kecamatan Samadua dan Tapaktuan, Kamis (18/01/2024).

Amatan antaran, pasca penertiban ratusan baliho, spanduk dan bendera parpol, terlihat masih ada APK berdiri gagah di lokasi-lokasi berdekatan dengan lembaga pemerintahan atau tempat umum. Diantaranya, di Jalan T Ben Mahmud, Tapaktuan, tepatnya seputaran kantor BPS, Pelayanan Pajak Pratama dan Transmigrasi serta di kawasan kantor Bank Aceh.

Baca Juga:  Panwaslih : Kasus Perusak APK Ditindaklanjuti Serius, Jika Ada Bukti Autentik Diseret ke Ranah Hukum

Saat dikonfirmasi, Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Deri Friadi menyebutkan, upaya penertiban APK sesuai ketentuan dan tidak ada kecenderungan pilih kasih. Semua sudah dibongkar petugas Satpol PP, personel TNI dan kepolisian, kecuali luput dari pengawasan.

“Pantauan dan pengawasan kami, semua APK sudah ditertibkan, kecuali yang berada di belakang kantor Bank Aceh, Tapaktuan. Personel mau menurunkan pada hari itu, tetapi pihak security meminta mereka yang menurunkan,” kata Ketua Panwaslih Aceh Selatan kepada antaran melalui sambungan seluler, Minggu (21/01/2024).

Baca Juga:  Setelah Perpanjangan SK dan Karateker, Musorkab XII KONI Aceh Selatan Digelar

Ia menambahkan, aksi penertiban difokuskan pada tiang listrik, sarana pendidikan dan tempat ibadah. Selebihnya, lokasi-lokasi yang mengganggu ketertiban umum.

Dalam penertiban kemarin, (Kamis, 18/1/2024 – red), kata Deri, pihaknya mau membongkar APK di seputaran Bank Aceh. Sayangnya petugas security meminta mereka atau pihak bersangkutan yang menurunkan. Kenyataannya, sampai hari ini (Minggu, 21/1/2024) masih berada di lokasi.

Disampaikan Deri Friadi, penertiban APK tidak hanya dititikberatkan di wilayah kecamatan Tapaktuan dan Samadua, tetapi menyeluruh ke seluruh kecamatan dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Baca Juga:  Rahmat Maulana Terpilih Sebagai Formatur HMI Komisariat STKIP Muhammadiyah

Selama kegiatan penertiban, Panwaslih Aceh Selatan mengamankan ratusan APK. Program ini terus dicanangkan hingga memasuki minggu tenang perhelatan Pemilu tanggal 14 Februari 2024 mendatang,” pungkas Deri Friadi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.