Ketua TP PKK Pantau Langsung GPM di Kepulauan Terluar Aceh Singkil

Ketua TP PKK Emma Malini Azmi didampingi Ketua Tim GPM, saat menyerahkan sembako murah kepada masyarakat di Kecamatan PBB, Sabtu (27/1/2024). ANTARAN/Dinas Pangan
Bagikan:

Mengarungi lautan lepas selama sekitar 4 jam dengan Kapal Feri, dan melanjutkan perjalanan dengan boat kayu selama sekitar 2 jam perjalanan menuju Pulau Banyak Barat (PBB).

Jurnalis :Helmi

ANTARAN|SINGKIL – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Aceh Singkil, ikut terjun langsung dalam pendistribusian GPM di 2 kecamatan kepulauan terluar.

Hal itu dilakukan agar dapat mengawasi langsung pendistribusian gerakan pangan murah (GPM) kepada masyarakat yang berada di kepulauan paling ujung di Provinsi Aceh.

Ketua TP PKK, Emma Malini Azmi saat menyerahkan simbolis pangan murah kepada masyarakat kepulauan, Sabtu (27/01/2024) mengatakan, bahan pangan yang djiual dengan harga murah ini harus diberikan merata kepada masyarakat.

“Sehingga diharapkan semua masyarakat bisa menikmati subsidi harga pangan ini. Sebab dengan kondisi naiknya beberapa jenis bahan pangan, sembako murah ini dapat membantu meringankan beban kebutuhan rumah tangga masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya, boat rombongan tim GPM sempat diterjang badai dan bersandar di Pulau Panjang, saat kembali dari Haloban Pulau Banyak Barat (PBB), menuju Pulau Balai Kecamatan Pulau Banyak.

Baca Juga:  Kalahkan Incumbent, Miswar Unggul di Pilchiksung Gampong Air Pinang 

Tim GPM menyediakan sebanyak 350 paket untuk masyarakat di Kecamatan Pulau Banyak Barat (PBB). Meliputi Desa Ujung Sialit, Suka Makmur, Haloban dan Desa Asantola.

Kemudian jatah untuk Kecamatan Pulau Banyak sebanyak 350 paket, yakni untuk Desa Pulau Balai, Baguk dan Desa Teluk Nibung.

Pj Bupati Aceh Singkil, Drs Azmi MAP didampingi Ketua TP PKK Ny Emma Malini Azmi, terjun langsung membagikan sembako murah di wilayah Kecamatan Pulau Banyak dan Kecamatan PBB, yang berada di wilayah kepulauan terluar Kabupaten Aceh Singkil

Dalam perjalanan menuju Ibukota Kecamatan PBB, rombongan yang dikomandoi langsung Pj Bupati menyinggahi langsung Desa Ujung Sialit, menyalurkan sebanyak 75 paket sembako kepada warga disana.

Kemudian menjual paket sembako murah, di Desa Suka Makmur Kecamatan PBB sebanyak 50 paket.

Dengan upaya jemput bola dalam pendistribusian pangan murah ini, Azmi berharap, agar semua masyarakat Aceh Singkil, baik yang berada di pelosok kepulauan, dapat merasakan program GPM yang sudah berlangsung selama 4 bulan berturut turut.

Baca Juga:  Keuchik, Bidan dan PRG Dapatkan Wawasan Admindukcapil
Masyarakat Desa Ujung Silait Kecamatan PBB saat bertransaksi jual beli dengan konsep pasar terapung, di Dermaga Ujung Sialit, Sabtu (27/1/2024). ANTARAN/Dinas Pangan.

Sehingga dengan dilaksanakannya program ini harga bahan pangan di kepulauan terpencil, masyarakat tetap dapat menikmati bahan pokok, dengan kebijakan satu harga.

“Sehingga harga bahan pangan maupun ketersediaan pasokan bisa tetap stabil meski berada di kepulauan paling jauh,” ucap Azmi.

Sebelumnya Tim GPM telah menyalurkan bahan pangan murah di Desa Pulau Balai Kecamatan Pulau Banyak.

Mengarungi lautan lepas selama sekitar 4 jam dengan Kapal Feri, dan melanjutkan perjalanan dengan boat kayu selama sekitar 2 jam perjalanan menuju Pulau Banyak Barat (PBB).

Sebelum menuju PBB Tim GPM menuntaskan pendistribusian bahan pangan murah masyarakat di Pulau Balai, Jumat (26/1) yang berlangsung hingga menjelang sore.

Stand GPM yang dibuka usai Sholat Jumat langsung diserbu warga 3 desa di Pulau Banyak. Meliputi Desa Pulau Baguk, Desa Pulai Balai dan Desa Teluk Nibung.

“Untuk warga Teluk Nibung dijemput oleh perangkat desa setempat, karena harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit dengan perahu mesin menuju Pulau Balai,” kata Kadis Pangan Abdul Haris melalui Ketua Tim GPM Achyaruddin ST kepada antaran, Minggu (28/01/2024).

Baca Juga:  Sambut Hari Bhayangkara ke 77, Polres Aceh Selatan Laksanakan Bakti Sosial

Jatah sembako untuk Pulau Balai sebanyak 350 paket. Dan untuk Desa Teluk Nibung mendapat jatah kuota sebanyak 100 paket.

“Pendistribusian beberapa daerah di kepulauan langsung jemput bola, seperti Desa Ujung Sialit dan Suka Makmur di Kecamatan PBB, yang mengikuti konsep pasar terapung langsung dari dermaga. Kemudian jatah Teluk Nibung langsung jemput bola oleh perangkat desa nya,” ucap Achyar.

Hal ini dilakukan untuk pemerataan jatah sembako, dan bisa dinikmati seluruh masyarakat, baik di darat maupun kepulauan.

Selanjutnya, GPM akan berlanjut menuju Kecamatan Singkohor, Kuta Baharu dan Kecamatan Danau Paris, terang Achyar.

“Alhamdulillah, Dinas Pangan Aceh Singkil dibawah komando Ketua Tim GPM nya tak pernah lelah dalam melayani masyarakat sampai malam,” ucap Erwin warga Desa Pulau Baguk berharap ada subsidi daging, sirup dan bahan pangan lainnya menjelang meugang Ramadhan nanti.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.